Politik Pemerintahan

Usulkan Rp 123 M, KPU Jember Dapat Anggaran Hibah Rp 82 M untuk Pilkada

Jember (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengusulkan anggaran hibah Rp 123 miliar kepada pemerintah daerah setempat untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah. Namun Pemerintah Kabupaten Jember menyetujui Rp 82 miliar.

“Tahun ini cair Rp 2 miliar, sisanya pada 2020,” kata komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi, Rabu (16/10/2019). Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah ditandatangani Ketua KPU Jember M. Syai’in dan Bupati Faida pada Senin (14/10/2019) lalu.

Nanti proses pencairannya, menurut Hanafi, melalui beberapa tahapan. “Ini akan diregistrasikan ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) sebagai anggaran KPU. Jadi anggaran APBD yang dimasukkan menjadi seperti anggaran APBN, karena proses pencairannya melalui KPPN,” kata Hanafi.

Dengan tidak dikabulkannya anggaran Rp 122 miliar tersebut, maka honor untuk penyelenggara pemilu tingkat kecamatan yang direncanakan Rp 2,8 juta per orang per bulan pun berubah menjadi Rp 2,2 juta. “Kemudian ada beberapa pengurangan kegiatan yang kami usulkan, seperti penyelenggaraan kegiatan di hotel akan kami maksimalkan di kantor sendiri atau dengan memanfaatkan gedung aset pemerintah kabupaten,” kata Hanafi. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar