Politik Pemerintahan

Usai Pemilu 2019, Bojonegoro Gelar Pilkades Serentak

Bojonegoro (beritajatim.com) – Usai kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro akan melangsungkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Pelaksanaan Pilkades serentak itu akan dilakukan gelombang dua tahun 2019.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bojonegoro, Biyanto, menyampaikan bahwa untuk mencapai Pilkades yang kondusif sehingga dilakukan beberapa tahapan. Salah satunya sosialisasi kepada pemangku kebijakan.

“Ini untuk memberikan kepastian terkait tahapan dan ketentuan teknis lainnya dalam pelaksanaan pelaksanaan Pilkades serentak Gelombang II 2019 kepada para pemangku kepentingan yang terlibat,” ujarnya, Sabtu (16/3/2019).

Kegiatan pembinaan diikuti 156 Kepala Desa dan Ketua BPD yang nantinya mulai taanggal 4 Maret 2019 sampai dengan awal September 2019 akan melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang II.

Serta 27 Camat dan Kepala Seksi Pemerintahan pada wilayah pelaksana Pemilihan Kepala Desa dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah se-Kabupaten Bojonegoro yang menjadi bagian anggota Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kabupaten Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan bahwa setiap masyarakat yang ingin mencalonkan sebagai kepala desa harus memenuhi semua persyaratannya. Sehingga nanti tidak akan menjadi permasalahan dikemudian hari.

“Sehingga kedepan tidak menjadi sengketa diantara para calon yang bertanding,” ujarnya.

Selain itu Pilkades lebih rawan dan lebih panas daripada Pilkada, karena itu perlu adanya kedewasaan diantara para calon kepala desa. Diharapkan pihak Kepolisian dan juga TNI ikut serta dalam mengamankan Pilkades serentak ini.

Sekadar diketahui, tahapan Pilkades serentak akan dimulai 4 Maret 2019 dengan pembentukan panitia pemilihan kepala desa. Penyusunan biaya dan tata tertib, pada 5 Maret 2019. Pemungutan dan penghitungan suara pada 26 Juni 2019, serta pelantikan kepala desa terpilih pada bulan September 2019 mendatang. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar