Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Usai Musda Jatim, Giliran 17 DPC Demokrat Gelar Muscab Serentak

Surabaya (beritajatim.com) – DPD Partai Demokrat (PD) Jatim langsung gaspol untuk menggelar pemilihan ketua DPC kabupaten/kota di Jatim melalui agenda muscab serentak.

Muscab serentak ini akan dibagi dalam dua tahap. Untuk tahap satu ada 17 kabupaten/kota yang akan menggelar muscab serentak.

Kepala BPOKK DPD PD Jatim, Mugianto menjelaskan, muscab serentak akan dimulai dengan proses pendaftaran sesuai PO Organisasi yang dikeluarkan oleh DPP Partai Demokrat untuk pemilihan Ketua DPD provinsi maupun DPC kabupaten/kota.

“Sesuai surat yang dikeluarkan DPD Demokrat Jatim, pendaftaran dibuka pada 18 Mei dan ditutup 20 Mei pukul 24.00 WIB di Kantor Demokrat Jatim, Jalan Kertajaya Indah 82 Surabaya,” kata Mugianto, Rabu (18/5/2022).

Mugianto yang juga Ketua DPC Demokrat Trenggalek ini menjelaskan, kandidat ketua yang melakukan pendaftaran harus mengantongi dukungan minimal 20 persen pemilik suara sah di masing-masing DPC.

“Sesuai PO Organisasi, juklak dan juknis, para kandidat ini nanti harus memperoleh dukungan sekurang-kurangnya 20 persen pemilik suara di kabupaten/kota. Makanya kita menunggu yang sudah siap, untuk segera melakukan pendaftaran,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan muscab serentak tahap pertama, kata Mugianto, akan dilaksanakan di Surabaya pada 27 Mei 2022. “Insya Allah akan digelar di Surabaya di Asrama Haji Sukolilo. Nanti mereka ini akan ditetapkan untuk menjadi calon ketua. Selanjutnya, akan digelar fit and proper test yang dilakukan BPOKK DPD dan DPP secara online, itu untuk DPC DPC yang nantinya dalam muscab ditetapkan lebih dari satu calon ketua,” ungkapnya.

Dalam fit and proper test, jelasnya, calon ketua akan diminta menyampaikan visi, misi, serta program partai ke depan jika terpilih sebagai ketua. “Ini sebagai bahan pertimbangan kandidat mana yang memiliki kualitas yang terbaik. Nanti tim lima yang akan memberi penilaian, tiga dari DPP dan dua dari DPD. Setelahnya, DPP yang akan mengeluarkan SK Ketua DPC terpilih,” tuturnya.

Namun, Mugianto juga menyebutkan bisa saja muncul calon tunggal dalam muscab tersebut. “Tapi bisa saja muncul calon tunggal. Nah, jika ternyata dalam pelaksanaannya ada DPC yang hanya memiliki calon tunggal dan memenuhi syarat sesuai aturan, ya sudah langsung aklamasi, selesai,” pungkasnya.

Adapun kabupaten/kota yang akan menggelar muscab serentak tahap satu yaitu Banyuwangi, Situbondo, Jember, Lumajang, Bojonegoro, Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Tulungagung, Pamekasan, Sumenep, Bondowoso, Tuban, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Kota Batu dan Kota Blitar. (tok/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar