Politik Pemerintahan

Usai Ketan Ireng, Dispendukcapil Malang Luncurkan Plat N

Malang (beritajatim.com) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang kembali memunculkan inovasi terbaru untuk memudahkan masyarakat mengurus dokumen administrasi kependudukan.

Program terbaru ini dinamakan Plat N, yang merupakan singkatan dari Pelayanan Kilat Khusus Administrasi Kependudukan. Plat N diluncurkan hanya berselang satu hari dari program Ketan Ireng atau Dispendukcapil dan Kesehatan Mari Bareng.

Bupati Malang, HM Sanusi mengatakan, adanya Plat N ini menjadikan waktu kepengurusan administrasi kependudukan bisa terpangkas.

“Ini nanti berkeliling di tiap kecamatan. Hanya beberapa menit bisa jadi,” kata Sanusi, saat meluncurkan program Plat N di kantor Kecamatan Wajak, Jumat (28/8/2020).

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Shirath Aziez menyampaikan, Plat N merupakan bagian dari Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan atau GISA.

“Kami berupaya menghadirkan inovasi dan terus mendekatkan diri kepada masyarakat. Plat N ini baru. Pemohon dapat mencetak KTP El yang hilang, rusak dan perubahan data. Termasuk mencetak KIA. Nanti ada jadwal layanannya. Kedepan, diharapkan semua masyarakat bisa memiliki dokumen kependudukan,” ucap Shirath.

Dalam peluncuran program Plat N itu, Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dispendukcapil mendapatkan corporate social responsibility atau CSR berupa 750 paket alat pelindung diri atau APD level tiga dari Bank Jatim. (yog/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar