Politik Pemerintahan

Usai Ditetapkan, Paslon Sugiri-Lisdyarita dan Ipong-Bambang dapat Fasilitas Pengawalan 24 Jam

Kabag Ops Polres Ponorogo Kompol Basuki Nugroho (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Usai ditetapkan sebagai pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati, paslon Sugiri-Lisdyarita dan paslon Ipong-Bambang mendapatkan fasilitas pengamanan dari kepolisian. Untuk Sugiri dan Ipong yang mejau menjadi calon bupati (cabup) mendapat jatah masing-masing empat pengawal pribadi (walpri). Dan masing-masing dua walpri untuk para calon wakil bupati (cawabup), yakni Lisdyarita dan Bambang.

“Kami tempatkan satu polwan karena ada satu cawabup dari perempuan,” kata Kabag Ops Polres Ponorogo Kompol Basuki Nugroho, Jumat (25/9/2020).

Personil polisi yang menjadi walpri ini, kata Basuki mempunyai kemampuan khusus mengawal tokoh. Terampil dalam bela diri dan kemampuan lainnya mutlak dimiliki bagi walpri. Jadi untuk menjadi walpri ini sudah melalui seleksi khusus. Dengan menjadi walpri, tentunyabpersonil polisi ini bertugas juga pada pengamanan jalannya Pilkada. “Penempatan walpri ini sejak hari penetapan sampai hari penetapan pemenang Pilkada yang rencananya dilakukan pada bulan Januari tahun depan,” katanya.

Bukan hanya walpri untuk paslon cabup dan cawabup saja, ketua KPU dan ketua bawaslu juga mendapat walpri masing-masing dua orang. Sementara, satu orang lainnya ditempatkan sebagai petugas pengamanan dalam. Basuki mengungkapkan, pengawalan berlaku melekat kepada para tokoh tersebut. “Jadi mereka yang ditempatkan sebagai walpri ini 24 jam mengawal keamanan kedua paslon serta ketua KPU dan Bawaslu Ponorogo,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar