Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Urai Kemacetan, Pemkot Malang Bakal Bangun 2 Underpass

Wali Kota Malang, Sutiaji.

Malang(beritajatim.com) – Untuk mengurai kemacetan di titik-titik Kota Malang, pemerintah setempat bakal membangun jalan bawah tanah alias underpass. Dua bangunan underpass ini rencananya bakal ditempatkan di dua lokasi langganan macet.

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan titik pertama yang akan dijadikan lokasi pembangunan underpass adalah di Jalan Ahmad Yani atau pintu masuk Kota Malang dari arah Surabaya. Nantinya akan dibangun mulai selepas Fly Over Arjosari hingga depan toko ritel modern Carrefour Malang.

Titik kedua berada di lingkar Universitas Brawijaya Malang hingga kawasan Universitas Islam Malang. Untuk di kawasan Blimbing sepanjang 1,3 kilometer dan di kawasan Lingkar UB sepanjang 2 kilometer.

“Kalau pembangunan LRT per kilometernya Rp450 miliar, kalau tol separuhnya anggaran LRT jadi kurang lebih Rp225 miliar per kilometer, kalau underpass tiga perempatnya anggaran tol kurang lebih Rp175 miliar per kilometer. Itu kira-kira biayanya,” kata Sutiaji, Senin, (4/4/2022).

Sutiaji mengungkapkan, bahwa mereka sudah mengusulkan rencana pembangunan ini ke Pemerintah pusat. Pembangunan di kawasan Jalan Ahmad Yani akan menggandeng Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (UM) untuk pembuatan Detail Engineering Design (DED).

Lalu untuk lokasi kedua yang berada di kawasan Jalan Mayjend Panjaitan ke Jalan MT Haryono Pemkot Malang bakal menggandeng Politeknik Negeri Malang (Polinema) dalam pembuatan DED underpass. Menurutnya, jika pembangunan underpass ini terwujud kemacetan di Kota Malang dapat terurai.

“Mungkin kendalanya yang disekitar UB sampai Dinoyo. Karena disitu bakal menggunakan sebagian lahan milik Universitas Brawijaya dan ada makam yang harus komunikasi dulu dengan warga sekitar,” imbuhnya.

Rencanannya, anggaran yang akan digunakan dalam pembangunan underpass menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Sebab, jalan raya di dua kawasan ini merupakan jalan nasional. (luc/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar