Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Upgrade Kualitas LKS di Kota Kediri, Dinas Sosial Edukasi Pengasuh Melalui Bimtek

Kediri (beritajatim.com) -Sebanyak sebelas Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan satu Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSU) di Kota Kediri mengikuti Bimtek LKSA dan LKSU yang diadakan Dinas Sosial Kota Kediri, Kamis (29/9/2022). Kegiatan yang dibuka oleh Paulus Luhur Budi, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri tersebut diselenggarakan di Aula Dinas Sosial Kota Kediri. Kegiatan yang menyasar pengasuh LKSA tersebut dihadiri oleh 100 pengasuh LKSA dan LKSU di Kota Kediri.

Ia menuturkan tujuan diselenggarakannya bimtek ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi pengasuh maupun pengurus LKSA dan LKSU.

“Agar mereka punya networking yang luas dengan mengenal pengasuh dari LKSA dan LKSU lain,” ujar Paulus. Sering terdengar rumor bahwa LKSA dan LKSU dibentuk sebagai kamuflase agar mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah pusat maupun daerah. Faktanya, Paulus menegaskan bahwa Pemkot Kediri punya taktik tersendiri dalam mencegah aksi tersebut.


“Semua itu bisa kita atasi dengan cara semua LKSA dan LKSU di Kota Kediri harus terdaftar dan memiliki Surat Tanda Pendaftaran (STP) yang kita mintakan dari provinsi. Mereka juga harus melengkapi persyaratan agar bisa dapat STP tersebut,” terangnya. Upaya tersebut ditempuh pemkot Kediri sebagai wujud transparansi dan berorientasi pada pelayanan masyarakat sesuai dengan misi Walikota Kediri kesatu. “Pemerintah memberikan bantuan sosial kepada LKS sebesar Rp30 s.d. 60 juta tiap tahun dan itu merupakan kewajiban kita untuk memantau, mengawasi agar bantuan tersebut dimanfaatkan sebagaimana mestinya dan tepat sasaran,” tegas Paulus.

Dalam kegiatan bimtek tersebut, peserta mendapatkan materi seputar: standart pelayanan minimum yang harus diterapkan di LKSA, manajemen pengelolaan LKS, akreditasi kelembagaan pada LKSA, serta psikologi sosial terhadap anak dan lansia. Dinas Sosial Kota Kediri juga bekerjasama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dan Ketua LKSA Villa Doa Pacet Mojokerto sebagai narasumber.

Dengan terselenggaranya bimtek tersebut, Paulus berharap agar para pengasuh di LKS mempunyai wawasan yang semakin luas.

“Wawasan luas juga perlu ditunjang dengan update perkembangan zaman saat ini apalagi semuanya sudah serba online. Pendaftaran LKSA juga online, supaya teman-teman upgrade perkembangan saat ini terutama masalah wawasan dan pengetahuan,” pungkasnya. [nm/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar