Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Upaya Pemkab Pamekasan Tingkatkan Sektor PAD Dinilai Belum Optimal

Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rohman.

Pamekasan (beritajatim.com) – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, dalam meningkatkan sektor Pendapatan Asli Daerah alias PAD dinilai belum optimal. Khususnya dalam pendataan retribusi pajak di sejumlah pasar tradisional di wilayah setempat.

Hal tersebut mengacu pada Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) 2021 yang sempat dibahas dalam Rapat Paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, Senin (25/4/2022) lalu. Termasuk hasil rekomendasi dari DPRD Pamekasan.

“Ada beberapa rekomendasi dari lima program prioritas yang digagas Pemerintah Kabupaten, mulai dari pendidikan, ekonomi, kesehatan, infrastruktur hingga reformasi birokrasi. Rekomendasi ini bertujuan untuk meningkatkan PAD yang hingga saat ini belum optimal,” kata Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rohman, Kamis (28/4/2022).

Bahkan dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga terbilang sangat ngotot agar Pemkab Pamekasan, dapat meningkatkan PAD. “Rekomendasi itu juga kami sertakan lengkap dengan solusinya, sehingga pemkab harus selektif melakukan pendataan,” ungkapnya.

“Salah satunya melalui sektor retribusi pajak di pasar tradisional, khususnya dengan menerapkan portalisasi parkir yang bertujuan untuk menekan kebocoran PAD yang selama ini menjadi persoalan yang harus segera diperbaiki,” sambung politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pamekasan.

Selain itu, pihaknya juga menemukan sejumlah warga kurang mampu yang justru tidak tercover dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang ditanggung Pemkab Pamekasan. “Sehingga bagi mereka yang layak harus diberikan haknya, sedangkan yang tidak layak harus diblokir,” tegasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sangat berharap agar hasil rekomendasi tersebut tidak hanya dijadikan sebagai pajangan, tetapi harus segera ditindaklanjuti dengan dibarengi dengan perbaikan pada tahap selanjutnya. “Prinsipnya rekomendasi ini bukan asal-asalan, sehingga harus ditindaklanjuti dengan segera,” jelasnya.

“Terlebih rekomendasi ini juga berdasar dari hasil rapat, serta berdasar dari temuan kami di lapangan saat kami melakukan sidak (inspeksi mendadak). Termasuk juga hasil audiensi dari berbagai pihak, serta hasil dari reses saat kami bertemu langsung dengan masyarakat,” tegas Fathor.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan, Ir Totok Hartono menyampaikan berbagai rekomendasi dari DPRD Pamekasan, bakal segera ditindaklanjuti dengan segera. “Tentunya rekomendasi ini akan segera kita tindaklanjuti, sehingga realisasi program yang kita gagas berjalan maksimal,” ungkap Totok.

“Apalagi dalam rekomendasi yang kami terima nantinya akan disesuaikan dengan beragam program yang akan kita realisasikan. Apalagi rekomendasi ini berisi beragam program yang harus kita tindaklanjuti agar pembangunan di Pamekasan berjalan maksimal,” pungkasnya. [pin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar