Politik Pemerintahan

Bantu Milenial Kenali Calon Legislator

Universitas Brawijaya Luncurkan Aplikasi InfoCaleg 2019

Malang(beritajatim.com) – Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya (UB) meluncurkan aplikasi berbasis Android bernama, InfoCALEG 2019. Aplikasi ini menyasar kalangan milenial, untuk mengenali calon anggota legislatif yang akan dipilih di Pemilu 2019.

Kepala Kepala Laboratorium Teknologi, Media, Game dan Mobile Filkom UB, Hermanto Tolle, mengatakan, aplikasi dapat diunduh di playstore, menyuguhkan informasi hingga profil caleg yang berkontestasi dalam Pemilu 2019.

“Aplikasi ini juga terkoneksi dengan sejumlah media sosial, seperti twitter, instagram dan facebook. Hal itu karena aplikasi ini menyasar pada pemilih muda. Harapannya masyarakat sebelum pemilihan nanti bisa mengenal caleg tidak hanya dengan melihat baliho saja,” kata Hermanto, Senin, (25/2/2019).

“Tapi bisa melihat background dan profilnya, mengenal lebih jauh dan menemukan yang bisa dipercayai untuk dipilih. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat mengenali dan menentukan yang terbaik,” imbuhnya.

Profil Caleg dalam aplikasi ini disajikan mulai dari visi-misi, riwayat pendidikan, rekam jejak, bahkan karya yang pernah dihasilkan ditampilkan agar pemilih dapat menentukan siapa caleg yang layak dipilih pada 17 April mendatang.

“Ada empat parameter yang digunakan dalam sistem penghitungan. Yakni kompetensi, integritas, popularitas dan komitmen kalau terpilih seperti apa,” ucapnya.

Hermanto menyebut, dengan aplikasi ini masyarakat bisa melihat latar belakang calon legislator. Sehingga pemilih bisa mengenal lebih jauh dan menemukan calon legislator yang layak dipercaya.

Namun, saat ini baru tersedia informasi caleg untuk DPR RI saja. Sedangkan untuk DPRD Provinsi dan DPRD kota/kabupaten masih dalam tahap pengumpulan data.

“Pada Pemilu 2014 lalu kami sudah meluncurkan dalam bentuk website. Pada tahun ini kami meluncurkan versi aplikasinya. Pada aplikasi ini ada informasi tentang riwayat pendidikan hingga organisasi para caleg. Data tersebut kami dapat dari website KPU dan berbagai sumber lainnya, kami cari-cari di internet,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar