Politik Pemerintahan

Ucapan Selamat untuk Jokowi Mengalir dari Kota Santri

Jombang (beritajatim.com) – Ucapan selamat untuk pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin yang telah memenangkan kontestasi Pilpres 2019 mengalir dari kota santri Jombang. Bukan hanya bupati dan wakil bupati, sejumlah tokoh juga memberikan ucapan kepada pasangan nomor urut 01 tersebut.

Mereka berharap Jokowi-Ma’ruf amanah dalam mengemban tugas. Pasangan nasionalis-agamis ini mampu menjadikan Indonesia lebih maju. “Selamat atas terpilihnya Ir Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024,” kata Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, Jumat (24/5/2019).

Pernyataan senada juga diungkapkan Wakil Bupati Jombang Sumrambah. Bahkan dalam kesempatan itu, Sumrambah juga menyampaikan harapannya kepada Jokowi-Ma’ruf. Salah satunya, pasangan 01 itu diharapkan mampu membuat Indonesia menjadi negara yang lebih maju.

“Besar harapan kami di bawah kepemimpinan beliau berdua Indonesia semakin maju, semakin makmur dan semakin berkeadilan sosial. Bahkan Indonesia mampu berkiprah di kancah internasional. Indonesia ini bangsa besar, makanya harus bisa memberi warna di tataran internasional,” ujar Sumrambah.

Selain bupati dan wakil bupati, ucapan selamat untuk kemenangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 juga datang dari para tokoh lintas agama di kota santri. Diantaranya, Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Jombang KH Cholil Dahlan. Dia berharap Presiden dan Wakil Presiden yang baru mampu membuat rakyat Indonesia semakin sejahtera.

Pengasuh Pesantren Darul Ulum, Jombang ini juga mengapresiasi kerja keras Polri dan TNI sehingga Pemilu di Kota Santri berjalan aman. “Semoga beliau berdua juga bisa mengemban amanah sesuai falsafah Pancasila dan UUD 1945,” harapnya.

Kiai Cholil mengajak seluruh umat, baik muslim maupun umat agama lainnya untuk melaksanakan hasil Pemilu 2019. Bagi pihak-pihak yang belum bisa menerima hasil Pilpres, dia menyerukan agar menempuh jalur konstitusi.

“Kepada seluruh umat, mari kita sambut hasil ini dengan baik. Karena ini sudah menjadi kehendak Allah SWT. Semoga dengan itu Indonesia semakin mendapatkan ridlo dari Allah SWT,” terangnya.

Seruan senada dicetuskan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jombang KH Isrofil Amar. “Saya mengimbau pihak-pihak yang kurang bisa menerima hasil penghitungan KPU agar menempuh jalur konstitusional, yaitu melalui Mahkamah Konstitusi (MK),” tegasnya.

Sementara Ketua PCNU Kabupaten Jombang KH Salmanudin Yazid berharap Jokowi-Ma’ruf amanah dalam memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan. “Semoga beliau amanah, bisa dipercaya oleh masyarakat dan mendapat ridlo dari Allah SWT,” cetusnya.

Seruan damai dan mengutamakan jalur konstitusi juga datang dari Ketua Badan Kerjasama Antar Gereja Kabupaten Jombang Pendeta Heri Susanto. Dia berharap, di bawah kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf, Indonesia semakin maju, serta rakyatnya bertambah sejahtera. “Mari sesama anak bangsa kita jaga persatuan dan tali silaturahmi demi kelangsungan NKRI,” tandasnya.

Selain itu para tokoh juga mengecam penumpang gelap, atas kerusuhan (anarkhisme), saat berlangsungnya demonstrasi 21-22 Mei 2019 di Jakarta. Serta mendukung Polri dan TNI dalam pengamanan demontrasi pada 21-22 Mei itu. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar