Politik Pemerintahan

Turun Jalan, Kampus Penghasil Wartawan Suarakan Kebebasan Pers

Surabaya (beritajatim.com) – Ratusan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa AWS) ikut turun jalan bersama ribuan mahasiswa dari berbagai kampus di Surabaya di DPRD Jatim, Kamis (26/9/2019).

Mahasiswa dari kampus penghasil wartawan tertua di Jawa Timur ini menuntut kebebasan pers yang turut dibahas dalam Rencana Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP).

“Kami ikut turun unjuk rasa ini karena berbicara tentang kebebasan jurnalistik. Karena peraturan di RKUHP ini sangat mengurangi atau mematikan kebebasan pers. DPR dan pemerintah jangan bersekongkol membungkam kebebasan Pers,” tutur Koorlap Aksi, Dio kepada beritajatim.com di DPRD Jatim.

Dia mengatakan bahwa sebelum ikut unjuk rasa, pihaknya berkoordinasi dengan teman-teman regional dan memutuskan untuk membawa delapan tuntutan.

Dio juga menyampaikan bahwa pada Rabu (25/9/2019) kemarin, pihaknya berkonsolidasi di LBH Surabaya membahas demo ini. “Kita berkoordinasi dan berdiskusi akhirnya tuntutan itu yang dibawa ke sini dengan goals kita bisa melakukan sidang rakyat bersama teman-teman di DPRD Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

Sementara itu, dari pengamatan beritajatim.com, di sepanjang Jalan Pahlawan hingga Indrapura Surabaya, macet total bahkan sudah mendekati lumpuh.

Ribuan masa dari mahasiswa hingga pelajar nampak berjalan bersama, bernyanyi bersama. Tak luput juga mereka membawa poster hingga bendera merah putih. Massa tidak hanya datang dari barisan mahasiswa, melainkan kalangan pelajar dan beberapa bonek mania. (tok/kun)

 





Apa Reaksi Anda?

Komentar