Politik Pemerintahan

Turnamen Esports Dibuka, AMPI Jatim: Grand Final di Tempat Berdirinya AMPI

Surabaya (beritajatim.com) – Pelaksanaan Youth Esports Tournament 2021 yang memperebutkan Piala Manpora dan total hadiah sebesar Rp 200 juta digelar secara resmi pada Sabtu (17/4/2021) hari ini. Acara ini diselenggarakan oleh Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jawa Timur resmi dimulai, Sabtu (17/4/2021).

Ini merupakan turnamen Esports terbesar di tahun ini. Ini karena diikuti sebanyak 14.098 tim dari seluruh Indonesia dalam turnamen pertandingan cabang Esports Mobile Legend itu. Satu tim terdiri dari lima sampai enam orang (plus cadangan).

“Luar biasa minat peserta turnamen esports sampai tembus 14 ribu tim. Ini melebihi target panitia yang semula 10 ribu tim. Nanti tiap harinya akan ada 1.500 pertandingan online,” kata Ketua DPD AMPI Jatim, Pranaya Yudha Mahardika saat menggelar konferensi pers di kantor DPD Golkar Jatim, Sabtu (17/4/2021).

Grand final nanti akan dihelat secara offline pada akhir Mei mendatang. Rencananya laga pamungkas itu akan digelar di Taman Candra Wilwatikta di Pandaan. Menurutnya, tempat itu sengaja dipilih lantaran memiliki sejarah historis.

“Karena Pandaan adalah tempat berdirinya Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) di 1978 lalu,” terangnya.

Ketua Dewan Pembina AMPI Jatim yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jatim, M Sarmuji mengungkapkan, turnamen ini merupakan kepercayaan besar yang diterima pihaknya.

Tentu, dia mengatakan kesuksesan event akbar itu menjadi perhatian bersama. Tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan, melainkan juga sukses menelurkan talenta esports tanah air.

“Sukses lahirnya atlet-atlet yang bisa jadi jagoan Indonesia untuk bisa dipertandingkan secara internasional, apalagi Sea Games ke depan, Esports sudah masuk salah satu jenis pertandingan yang akan dipertandingkan,” ujarnya.

Sarmuji mengungkapkan, selain itu, pihaknya juga menginginkan turnamen ini juga mengangkat sektor pariwisata terutama di Jawa Timur. Sebab, grand final dilangsungkan di Pandaan, Pasuruan.

“Itu menjadi titik masuk bagi peserta untuk mengenal wisata Jawa Timur yang sebenarnya luar biasa, banyak yang berkelas dunia. Melalui ini kita juga ingin mempromosikan wisata Jawa Timur,” terang Sarmuji yang juga anggota DPR RI ini.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainuddin Amali mengungkapkan, sangat mengapresiasi atas upaya yang terus dilakukan penyelenggara. Dia berharap, ketika turnamen ini telah sukses terselenggara, maka turnamen serupa harus lebih ditingkatkan lagi.

“Saya berharap kepada peserta sekalian, untuk melakukan dengan sungguh-sungguh dan serius, dan bukan tidak mungkin dari hasil event ini, akan lahir talenta untuk mengisi tim nasional kita,” ujar Zainuddin Amali, saat membuka secara resmi lewat tayangan virtual. [tok/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar