Politik Pemerintahan

Tuntaskan Kemiskinan, Mensos Risma Sowan ke Bupati Gresik Gus Yani

Mensos Tri Rismaharini (kanan) berpamitan usai sowan ke rumah dinas Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)

Gresik (beritajatim.com)– Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini sowan ke rumah dinas Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, atau Gus Yani. Kedatangan mantan Walikota Surabaya itu, untuk membahas evaluasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kabupaten Gresik yang baru berjalan 67 persen.

“Kedatangan saya ke Gresik dalam rangka evaluasi DTKS. Kalau bisa segera dituntaskan menjadi 100 persen. Sehingga, kami bisa full membantu masyarakat 100 persen,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (28/03/2021).

Masih menurut Risma, ada beberapa poin dirinya sowan ke Bupati Gresik Gus Yani. Pertama, evaluasi DTKS. Selanjutnya, kedua ada penambahan usulan yang diberikan ke daerah, dan ketiga pemberdayaan masyarakat.

“Nantinya ketiga poin itu saya sampaikan ke Bupati Gresik. Selanjutnya, dipetakan dengan jajarannya apa yang bisa dibantu oleh Kemensos,” tuturnya.

Tri Risma menambahkan, kendala DTKS di Gresik yang masih 67 persen. Kendalanya mungkin lama, dan harus disepadankan dengan data kependidikan.

“Terakhir data DTKS hari ini, nanti saya lihat kalau masih kurang. Saya kirim orang ke Gresik untuk membantu pemadanannya,” imbuhnya.

Saat ditanya data angka kemiskinan di Gresik masih tinggi. Dikatakan Tri Risma, hal itu tidak apa-apa. Dirinya malah menceritakan sewaktu menjadi Walikota Surabaya pertama, angka kemiskinannya yang semula 9 persen bertambah menjadi 34 persen. Tingginya angka kemiskinan itu, dirinya tidak malu kalau memang realitasnya begitu. Sebaliknya jika data tidak sesuai di lapangan tapi tidak bisa menangani. Hal itu malah yang malu.

“Setelah itu bisa ditangani, dan sekarang tinggal 5 persen angka kemiskinnya. Sekali lagi kita ngomonya bukan data tapi realita dalam penangannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Gresik Gus Yani mengapresiasi Mensos Tri Rismaharini menyempatkan diri ke Gresik meski bukan acara formal.

“Saya tadi diingatkan DTKS di Gresik masih berjalan 67 persen. Jadi Bu Risma kesini ada perhatian yang luar biasa karena beliaunya juga pernah menjabat kepala daerah,” katanya.

Mensos Tri Rismaharini lanjut Gus Yani, juga memberikan strategi penanganan Kali Lamong saat menjabat Walikota Surabaya, dan tidak usah malu bila angka kemiskinan di Gresik masih cukup tinggi.

“Bu Risma pesan ke saya tidak usah segan apa yang menjadi persoalan di Gresik disampaikan langsung ke yang bersangkutan,” pungkasnya. (dny/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar