Politik Pemerintahan

Tumbuhkan Cinta Pada Ulama, PKS Mojokerto Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Mojokerto (beritajatim.com) – DPD (Dewan Pengurus Daerah) PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Mojokerto menggelar lomba baca kitab kuning (LBKK) Fathul Mu’in karya Syeikh Zainuddin Abdul Aziz al-Malibari al-Fanani.

Lomba tersebut sebagai salah satu media untuk menumbuhkan kecintaan pada ulama, kiai, habaib. Karena mereka itulah yang berjasa menerangi jalan umat untuk memahami ajaran Islam, dengan karya yang disusun dan ditulis.

Ketua DPD PKS Mojokerto Effendi Nugroho mengatakan, peserta yang terdaftar dalam lomba tersebut sebanyak 20 orang. Mereka adalah pendaftar perwakilan dari pondok pesantren di Mojokerto, Jombang dan Nganjuk.

Namun pada saat pelaksanaan, sebanyak 8 peserta absen, sehingga tersisa 12 peserta. Nah, belasan peserta itulah yang diuji oleh sejumlah dewan juri. Di antaranya Kiai Nurkholis, Kiai Junaedi dan Gus Masduki.

“Peserta lomba minimal berusia 17 tahun dan maksimal 25 tahun. Lomba ini diambil tiga juara dengan hadiah berupa uang pembinaan. Kemudian juara satu, dua dan tiga akan kita ikutkan LBKK tingkat provinsi. Selanjutnya, pemenang LBKK tingkat provinsi akan diikutkan LBKK tingkat nasional,” ujar Effendi dalam pernyataan tertulisnya, Minggu (6/12/2020).

Ketua Daerah Dakwah DPW PKS Jawa Timur Rochmad Abidin STP dalam sambutannya mengatakan, tujuan LBKK adalah untuk menumbuhkan kecintaan pada Ulama, kiai dan habbaib. “Para ulama, kiai dan habaib itu sangat berjasa dalam menerangi jalan umat untuk memahami ajaran Islam, dengan karya kitab yang disusun dan ditulis,” ujar Abidin.

Tujuan kedua, kata Abidin, PKS memiliki program kurikulum pendidikan keagamaan kebangsaan dan cinta NKRI. Karenanya LBKK menjadi salah satu cara PKS untuk memberikan semangat generasi milenial agar terpacu mempelajari kitab-kitab para ulama ahlus sunnah wal jamaah.

“Ketiga, lomba ini wujud nyata dari PKS dalam mengokohkan akidah ahlus sunnah wal Jamaah. Dan ini tidak akan berubah sampai kapanpun,” pungkas Rochmad Abidin yang juga Ketua Fraksi PKS DPRD Jombang ini. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar