Politik Pemerintahan

Tujuh Fraksi DPRD Jember Sepakat Bentuk Pansus Pilkada

Jember (beritajatim.com) – Tujuh fraksi di DPRD Jember, Jawa Timur, sepakat membentuk panitia khusus pemilihan kepala daerah. Pansus bertujuan mengawasi pelaksanaan pilkada tahun ini.

“Paling tidak DPRD Jember ingin bagaimana proses demokrasi pilkada menjadi proses yang berkualitas dan menghasilkan kepala daerah sebaik-baiknya,” kata Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim, Jumat (19/6/2020).

Pansus juga mengawasi tahapan pilkada. “Pengawasan ini juga memerlukan peran serta masyarakat, bukan hanya DPRD Jember. Apabila masyarakat memiliki temuan, silakan melapor permasalahan kepada pansus pilkada. Nanti kami akan fasilitasi dan rekomendasikan kepada Komisi Pemilihan Umum maupun Badan Pengawas Pemilu,” kata Halim.

Dalam proses pilkada sebelumnya, menurut Halim, selalu ada pansus yang mengawal. “Kami mengawal perjalanan proses demokrasi. Tentu sesuai fungsi penganggaran di DPRD, (kami mengawasi) bagaimana proses berjalannya anggaran pilkada sesuai ketentuan,” katanya.

Rapat paripurna kemungkinan digelar pekan depan. Fraksi nantinya akan mengusulkan nama-nama yang bakal masuk dalam pansus. Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi mengatakan, tak ada kendala dalam pembentukan pansus. Pengusulan awal dari Fraksi PPP, Fraksi Kebangkitan Bangsa, dan Fraksi PDI Perjuangan. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar