Politik Pemerintahan

Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Gresik Segera Dibangun

Foto: Ilustrasi

Gresik (beritajatim.com)- Pembangunan tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) di wilayah Gresik segera dibangun. Dari tiga tempat yang diusulkan, baru satu lahan yang sudah cocok.

Kepala Dinas Pertanahan Pemkab Gresik Sutaji Rudy mengatakan, lahan yang berada di Desa Belahanrejo, Kedamean memang sudah cocok. Hasil survei oleh Dinas Lingkungan Hidup sudah pihaknya terima.

“Pembangunan lahan tersebut tinggal dimasukan ke RKPD kemudian bisa dibayar,” ujarnya, Senin (22/07/2019).

Lbih lanjut Rudy menambahkan, dirinya belum tahu berapa harga lahan seluas 2 hektar tersebut. Mengingat, pihaknya belum melakukan negosiasi dengan pemilik lahan.Yang jelas, pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp 24 milliar untuk membeli lahan di tiga tempat.

“Total anggaran yang disediakan Rp 24 milliar, tapi dua tempat lainnya belum siap,” tambahnya.

Mengenai lahan TPST di Gresik Selatan, Rudi mengaku lahan tersebut segera direalisasikan. Untuk itu, pihaknya juga menunggu rekomendasi yang dibuat oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melalui survei kelayakan lahan. Sebab, lahan minimal harus berjarak 2 kilometer dari pemukiman dan akses kendaraan mudah.

Sebelumnya, Kepala DLH Pemkab Gresik Najikh menyebut pihaknya baru akan melakukan survei lahan di Desa Bolo, Ujungpangkah. Namun, belum pihaknya melakukan sosialisasi sudah ada penolakan dari warga.

“Di Gresik utara sendiri ditargetkan lahannya seluas 2 hektar. Sementara tempat satunya berada di Desa Daun, Sangkapura,” tandasnya. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar