Politik Pemerintahan

TPS di Sampang 100 Persen Coblos Salah Satu Capres, Ini Kata KPU

Sampang (beritajatim.com) – Dugaan maraknya indikasi kecurangan pada pencoblosan Pemilu 17 April 2019 lalu, membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, diam-diam menelisik indeks partisipasi kehadiran pemilih dan hasil perolehan surat suara.

Divisi Parmas dan SDM KPU Sampang, Achmad Ripto mengaku tidak mempermasalahkan jika sebagian TPS di wilayahnya terdapat hasil kemenangan 100 persen untuk salah satu Capres.

Hanya saja pihaknya mewaspadai jika TPS tersebut memiliki angka 100 persen yang sama pada tingkat kehadiran dan kemenangannya. Sebab masih ada kemungkinan pemilih tidak hadir saat pencoblosan.

“Misal DPTb yang di Ponpes, bisa saja ada yang sakit atau bepergian yang kemudian dianggap hadir semua. Makanya sekarang kami masih menunggu pengembalian form C6 untuk mengkroceknya. Tapi kami tegaskan, kemenangan yang 100 persen tersebut belum tentu juga ada pelanggarannya,” kata Ripto yang juga pernah menjabat ketua Bawaslu Sampang, Senin (22/4/2019).

Saat ditanya letak TPS yang dimaksud, Ripto enggan mempublikasi dengan alasan tahap perekapan belum rampung. Namun, dirinya mengingatkan kepada Bawaslu, untuk mengkaji secara mendalam tentang kondisi di bawah.

“Bawaslu juga harus hati-hati apabila hendak mengeluarkan rekomendasi sebelum benar-benar mempelajari terlebih dahulu semisal pengambilan sampling dan keterangan masyarakat,” pungkasnya.[sar/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar