Politik Pemerintahan

Total 24 Orang Pekerja Migran Asal Bojonegoro Dipulangkan

Foto: Buruh Pabrik

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur yang kini sudah dipulangkan atau direpatriasi ke negara asal sudah ada sebanyak 24 orang.

“Penjemputan terhadap PMI asal Bojonegoro sudah lima kali dilakukan dengan total 24 orang,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro Masirin, Selasa (4/5/2021).

Namun, dari jumlah tersebut Masirin tidak menjelaskan secara detail asal pekerja yang dipulangkan dimasa Pandemi Covid-19 ini. Namun, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 sehingga para PMI yang dipulangkan itu dilakukan penjemputan dan menjalani karantina.

Penjemputan dilakukan oleh petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Selanjutnya mereka akan menjalani isolasi di rumah isolasi kawasan wisata Dander Park Kabupaten Bojonegoro.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro Andik Sudjarwo, penjemputan terhadap para Pekerja Migran Indonesia yang telah habis masa kontraknya di luar negeri itu sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan.

“Penjemputan dilakukan setelah menjalani prosedur pemulangan yakni melakukan tes swab di negara mereka bekerja dan melakukan karantina selama dua hari di Asrama Haji Sukolilo Surabaya,” ungkapnya.

Penjemputan dilakukan juga untuk memastikan para Pekerja Migran Indonesia tidak pulang dengan kendaraan umum. Sehingga bisa mengantisipasi penyebaran Covid-19. [lus/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar