Politik Pemerintahan

Tolak CLBK, Legislator DPR RI Ungkap Cabup Jember yang Direkom Nasdem

Jember (beritajatim.com) – Fadil Achmad Muzakki Syah, legislator DPR RI dari Partai Nasional Demokrat, mendadak mengungkapkan nama calon bupati Jember, Jawa Timur, yang mendapat mandat atau rekom partainya. Calon itu adalah Hendy Siswanto, seorang pengusaha sukses.

Bocoran itu dipublikasikan di akun Facebook pribadinya, Kamis (5/3/2020) sore. “Maaf ini bukan klaim. Saya ini anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem. Setiap saat bisa bertemu Bapak Surya Paloh Ketum, Waketum Muhammad Ali (Ketua Fraksi DPR RI), Mas Prananda Surya Paloh (Bapilu Partai Nasdem ), dan lain-lain pengurus inti DPP. Dan ini bukan partai orang lain, melainkan partai sendiri dimana saya bernaung dan berjuang,” tulisnya.

Motivasi Fadil membuka nama calon bupati yang mendapat mandat Nasdem sederhana: dia tak ingin ada tudingan CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali) antara partainya dengan Faida sebagai kandidat bupati petahana. “Ini menepis isu bahwa petahana masih bisa lewat partai. Seakan-akan partai tidak ada harga dirinya sama sekali. Nasdem ini mandatnya sudah kami pegang,” katanya kepada beritajatim.com via ponsel, Jumat (6/3/2020).

Saat pilkada Jember tahun 2005, Nasdem adalah salah satu partai pengusung Faida bersama PDI Perjuangan dan Partai Amanat Nasional. Namun saat ini Faida memilih mencalonkan diri lagi melalui jalur perseorangan. Adanya perubahan regulasi yang memperbolehkan kandidat yang gagal di jalur perseorangan maju lagi melalui jalur partai, membuat Faida punya kesempatan mendekati partai.

Fadil tak khawatir mendapat teguran DPP Partai Nasdem karena mengungkapkan nama itu di media sosial. “Tidak. Begitu (rekom) diberikan, silakan diumumkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Jember Marsuki Abdul Gofur menyatakan belum ada rekomendasi cabup dari dewan pimpinan pusat. “Sepengetahuan saya sebagai ketua DPD, rekom masih belum ada. Tapi kan saya orang Jember, orang desa. Kalau Ra Fadil kan orang Jakarta, DPR RI. Mungkin rekomnya dikantongi Ra Fadil, saya tidak tahu. Tapi saya belum menerima tembusan surat bukti atau via telepon. Rekom masih belum,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar