Politik Pemerintahan

Demi Kesatuan dan Persatuan

Tokoh Lintas Agama Gelar Deklarasi Damai

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah tokoh lintas agama di Pamekasan, menggelar deklarasi damai di Vihara Avalokitesvara, Desa Polagan, Kecamatan Galis, Minggu (26/5/2019).

Kegiatan yang digagas Komunitas Ataretanan Santri Gus Dur Pamekasan, mengusung tema ‘Bertemu untuk Bersatu’ dihadiri para perwakilan tokoh lintas agama di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

“Sesuai dengan tema yang kami usung, kegiatan ini kami gagas sebagai salah satu upaya membangun kesatuan dan persatuan di Indonesia dengan semangat keberagaman. Khususnya di Pamekasan,” kata Koordinator Komunitas Ataretanan Santri Gus Dur Pamekasan, Muhammad Abror.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengajak seluruh elemen masyarakat agar selalu intens menjaga kebersamaan di tengah perbedaan. Khususnya pasca pelaksanaan Pemilu 2019.

“Melalui deklarasi ini, kami mengajak masyarakat khususnya tokoh lintas agama agar selalu bergandengan tangan menjaga persaudaraan dan persatuan dalam membangun negeri,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Pimpinan Vihara Avalokitesvara Pamekasan, Koshala Mahinda menyambut baik kegiatan yang dinilai sangat positif membangun kebersamaan dalam keberagaman khususnya di Pamekasan.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan positif seperti ini, dan tentunya kami mengajak seluruh masyarakat agar tidak terprovokasi dengan berbagai isu berkembang yang dapat memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa,” kata Koshala Mahinda.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada sosok Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang sebagai sosok pemersatu. “Kita bisa belajar dari Gus Dur tentang bagaimana menjaga persatuan antar sesama umat manusia,” jelasnya.

“Agama dan keyakinan boleh berbeda, tapi kali ini kita bertemu untuk bersatu di tengah perbedaan demi membangun bangsa dan kedaulatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia),” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir berbagai perwakilan dari komunitas lintas agama, di antaranya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), jajaran pengurus GP Ansor Pamekasan, hingga beberapa tokoh lintas agama. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar