Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

TNI AU dan US PACAF Gelar Bomber Exercise di Atas Laut Sulawesi

Latihan bersama TNI AU dan US PACAF di atas laut Sulawesi. (Foto: Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi)

Magetan (beritajatim.com)  – TNI AU dan United State of Pacific Air Force (US PACAF) melaksanakan latihan bersama “Bomber Exercise” di atas Laut Sulawesi, Rabu (1/9/2021).

Latihan melibatkan sejumlah alutsista kedua AU, baik pesawat pembom (bomber), pesawat tempur dan juga intai.

TNI AU mengerahkan dua pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 3  Lanud Iswahjudi, Magetan, dan satu pesawat Boeing 737 Intai dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Sementara US PACAF mengerahkan dua pesawat pembom jenis B-52 dari 2nd Bomb Wing dari Barksdale Air Force Base, Louisiana, Amerika Serikat.

Latihan ini merupakan penerbangan integrasi pertama dalam sejarah yang melibatkan pesawat pembom USAF dan pesawat TNI AU.

Bomber Exercise ini diselenggarakan melalui dua skenario latihan, yaitu Command and Control (C2) oleh Kosekhanudnas II Makassar dengan melibatkan Satuan Radar 225 Tarakan, 224 Kwandang, serta pelaksanaan latihan Escort oleh 2 pesawat F-16.

Latihan bersama TNI AU dan US PACAF di atas laut Sulawesi. (Foto: Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi)

Latihan bersama, yang diselenggarakan secara rutin tiap tahun ini, Selain bertujuan mempererat hubungan kerjasama antara TNI AU dengan US PACAF, juga untuk saling bertukar pengalaman dan kemampuan dalam melaksanakan sejumlah misi operasi udara.

Air Manuever Exercise (AMX) Bomber adalah latihan pertama dalam sejarah Indonesia dimana pesawat F-16 TNI AU dari Skadron Udara 3 melaksanakan latihan bersama dengan pesawat bomber US PACAF dengan jenis B-52 Stratofortress yang terbang dari Guam.

Kedua jenis pesawat tersebut bertemu di lautan lepas Utara Pulau Sulawesi sampai dengan selat Makasar untuk melaksanakan latihan air to air intercept dan menjalin komunikasi antar pesawat.

Salah satu kunci dari kesuksesan latihan ini adalah kerjasama yang solid dan profesional dari masing-masing personel di Skadron Udara 3 dalam menyiapkan dan menerbangkan pesawat F16 sehingga AMX Bomber dapat dilaksanakan dengan lancar. (fiq/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar