Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Tjandra Mindharta Gozali, Inisiator Kembalinya Pasar Turi

Tjandra Mindharta Gozali (Kiri), Walikota Surabaya Eri Cahyadi (Tengah), Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK, Brigjen Pol Bahtiar Ujang Purnama (Kanan).

Surabaya (beritajatim.com) – Pasar Turi Baru akhirnya dibuka kembali dan diresmikan langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada Selasa (29/3/2022). Dalam acara yang dihadiri oleh segenap forkopimda, KPK, dan perwakilan pedagang tersebut, hadir pula Tjhandra Mindharta Ghozali (TMG) tokoh yang dianggap sebagai inisiator yang berjuang dalam upaya dibukanya Pasar Turi Baru.

Ya, Tjandra Mindharta Gozali adalah pengusaha yang cukup ternama di Indonesia yang merupakan kakak mendiang Henry J. Gunawan pemilik PT Gala Bumi Perkasa. Meskipun bukan sebagai pewaris, perjuangan Tjandra Mindharta Gozali dalam menyelesaikan konflik, berjuang dan menjadi inisiator agar Pasar Turi Baru bisa buka kembali banyak mendapat apresiasi.

Peran Tjandra Mindharta Gozali dan timnya dalam upaya dibukanya kembali Pasar Turi Baru bahkan disampaikan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam sambutannya saat peresmian.

“Sekali lagi saya matur nuwun (Terima kasih) kepada jajaran Kejaksaan Negeri Surabaya, Kejari Tanjung Perak, dan semua Forkopimda Surabaya bersama investor Pak Tjandra yang bahu membahu dengan diarahkan KPK ini, akhirnya Pasar Turi bisa dibuka kembali,” tutur dia Eri Cahyadi.

Bahkan, Eri Cahyadi memberikan penghargaan dan cinderamata langsung kepada Tjandra Mindharta Gozali sebagai ucapan terima kasih atas upaya dan perjuangannya agar Pasar Turi bisa buka kembali.

Tak hanya itu, apresiasi juga disampaikan General Manager (GM) Pasar Turi Baru, Teddy Supriadi saat peresmian. Bahkan Teddy mengungkapkan, tanpa peran Tjandra Mindharta Gozali, tidak mungkin masalah Pasar Turi bisa terurai dan selesai.

“Saya menyampaikan terima kasih dan memberi penghormatan kepada Pak Tjandra Mindharta Gozali. Bagi kami Pak Tjandra adalah penyelamat Pasar Turi saat terpuruk. Beliau adalah tokoh inisiator yang berperan besar dalam penyelesaian masalah Pasar Turi Baru. Tanpa dukungan Pak Tjandra dan team, mustahil permasalahan dapat terurai dan selesai satu persatu,” ungkap Teddy dalam sabutannya.

Meski demikian, penyelesaian sengketa Pasar Turi itu tak lepas pula dari tangan dingin Wali Kota Eri Cahyadi. Dengan menggandeng berbagai pihak, mulai KPK, Kejaksaan, Polri, TNI, Investor hingga para pedagang, akhirnya sengketa Pasar Turi yang belasan tahun mangkrak ini lantas bisa diselesaikan.

Alhasil, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya resmi membuka Pasar Turi Baru yang nilai asetnya ditaksir sekitar Rp 1,56 triliun. Pembukaan ini diharapkan dapat mengembalikan kejayaan pusat perdagangan legendaris yang dulunya pernah memiliki omzet hingga Rp 15 miliar per hari.

Dengan dibukanya Pasar Turi Baru yang dulunya pernah menjadi pusat kejayaan perekonomian Jawa Timur dan Indonesia Wilayah Timur, diharapkan bakal kembali bangkit. Tentu saja upaya mengembalikan kejayaan Pasar Turi pasca mati suri 15 tahun lalu tak lepas dari bantuan dan dukungan dari semua pihak.

Pedagang yang sebelumnya menempati Tempat Penampungan Sementara (TPS) secara bertahap telah menempati stan di Pasar Turi Baru. Bahkan, pada saat soft opening itu, sejumlah pedagang juga terlihat sudah menggelar dagangannya di masing-masing stan.

Kini, Pasar Turi Baru kembali hadir dengan tujuan menjadi pusat perdagangan yang moderen, kekinian dan lengkap, yang diharapkan dapat membangkitkan kembali kejayaan pusat perekonomian di Indonesia timur. [kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar