Politik Pemerintahan

Tinjau Pasar dan Distributor, TPID Kota Malang Pastikan Stok Bahan Pangan Aman

Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Malang melakukan sidak ke pasar dan distributor.

Malang (beritajatim.com) – Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Malang melakukan sidak ke pasar dan distributor. Dipimpin langsung oleh Wali Kota Malang, Sutiaji mereka ingin memastikan harga stabil dan stok bahan pangan untuk lebaran 2021 aman.

Titik pertama yang dipantau adalah Pasar Sawojajar, Kota Malang. Sutiaji menegaskan harga dari distributor ke pedagang tidak ada kenaikan harga yang signifikan. Dia menilai harga kebutuhan pokok masih stabil. Sutiaji didampingi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang, Azka Subhan, dan Kepala BPS Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini.

“Setelah diambil sampling, hasilnya, tidak ada gejolak harga yang signifikan. Seperti, harga telur ayam, gula, cabai rawit, cabai merah besar, daging ayam, sapi, tidak ada lonjakan harga,” kata Sutiaji, Rabu, (28/4/2021).

Ada beberapa faktor yang membuat harga bahan pokok masih stabil. Pertama dia melihat ada manajemen pemasokan dan tata kelola dari pedagang hingga distributor terbina dengan baik. Ini membuat stok bahan pokok aman. Dia menegaskan, ketersediaan dan harga bahan pokok yang stabil tidak berkaitan dengan daya beli masyarakat yang rendah.

“Saya lihat kolaborasi kita semakin bagus. Demikian juga Bulog tadi masih ada ketersediaan sekitar 2.400 ton. Padahal kebutuhannya untuk di Malang Raya sementara memang kecil, hanya 100 ton per hari. Tetapi rupa-rupanya kalau kita lihat kebutuhan beras ini masih terpantau baik,” ujar Sutiaji.

Sutiaji juga berpesan agar masyarakat membeli bahan pokok secukupnya sesuai dengan kebutuhan untuk menjaga stabilitas harga dan mengendalikan inflasi di Kota Malang. Masyarakat juga diminta untuk lebih bijak dalam membelanjakan uangnya. Selain melakukan sidak pasar, tim TPID Kota Malang juga melakukan sidak ke agen elpiji Bulog dan Pertamina untuk memastikan ketersediaan stok aman hingga Lebaran. [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar