Politik Pemerintahan

Tingkatkan Religiusitas, Pemkab Ponorogo Gelar Pengajian Keliling

Kabag. Kesra Fadhlal Kirom (foto : Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Dalam upaya untuk peningkatan religiusitas dimasyarakat, Pemkab Ponorogo membuat program pengajian keliling. Kegiatan kerohanian itu sudah dilakukan sejak awal bulan di Desa Blembem Kecamatan Jambon Ponorogo. “Program ini mengacu pada visi Bupati Ipong Muchlissoni,” kata Kabag. Kesra Fadhlal Kirom, Kamis (16/1/2020).

Pengajian keliling ini rencananya akan dilaksanakan sampai bulan Oktober nanti, total ada 96 titik. Disetiap Kecamatan paling banyak ada 7 desa dan yang sedikit ada 2 desa. Yakni tepatnya terbanyak di Kecamatan Slahung dan yang sedikit di Kecamatan Pudak. “Jadi Kecamatan yang desanya banyak, ya mendapat kuota lebih banyak program tersebut,” katanya.

Untuk penganggaran kegiatan, kata Fadhlal dihandle oleh pemerintah kecamatan, pihaknya hanya memfasilitasi dalam mendatangkan mubalighnya. Jadi soal jadwal mubaligh menyesuaikan kesiapan dari pihak kecamatan. “Kalau jadwal mubalighnya sudah pasti, tinggal kecamatan mana yang siap,” katanya.

Untuk komposisi mubaligh, rencananya 50 persen dari luar Ponorogo, dan 50 persen lagi dari mubaligh yang berasal dari kota reyog. Kalau pihak kecamatan punya rekomendasi mubaligh yang akan diundang, pihaknya mempersilahkan untuk mengkomunikasikan kepada bagian kesra, supaya bisa menentukan tim yang akan ikut silaturahmi kepada mubaligh yang bersangkutan. “Jadi saling koordinasi biar acaranya lancar,” pungkasnya.(end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar