Politik Pemerintahan

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kediri Luncurkan Rumah Pintar Pemilu Digital

Kediri (beritajatim.com) –  KPU Kabupaten Kediri membuat terobosan baru untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilbup Kediri 2020. KPU mengubah Rumah Pintar Pemilu yang selama ini untuk media belajar para calon pemilih dengan konsep digital.

Komisioner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro meresmikan peluncuran mesin elektronik voting tersebut di Rumah Pintar KPU Kabupaten Kediri. “Mesin ini diluncurkan sebagai media pembelajaran dalam persiapan pemilihan menggunakan metode digital,” katanya.

Rumah Pintar Pemilu di KPU Kabupaten Kediri sejatinya telah diluncurkan pada 2014. Namun kali ini, seluruh konsepnya diubah ke metode digital. Sistem digitalisasi tersebut dipilih untuk menarik minat calon pemilih dalam mengikuti pembelajaran Pemilu. Sehingga, nantinya tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 2020, turut mengalami peningkatan.

Sementara itu, selain menyediakan elektronik voting, Rumah Pintar Pemilu digital juga menyediakan bioskop mini untuk pemutaran film edukasi anti politik uang. Rumah Pintar Pemilu Digital KPU Kabupaten Kediri merupakan yang pertama kalinya di Jatim. sedangkan di tingkat nasional, merupakan yang ke-3 setelah KPU Bogor dan Yogyakarta. [nng/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar