Politik Pemerintahan

Tingkatkan Konsumsi Ikan, Pemkab Kediri Serahkan Bantuan Kolega kepada Warga

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perikanan kembali menyerahkan bantuan Kolega (Kolam Lele Keluarga). Setelah sebelumnya program Kolega terlaksana di Desa Tertek, hari ini penyerahan dilakukan di Desa Ringinrejo Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri melalui Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Budijono Langgeng Saputro, S.Pt. mengatakan, program Kolega bertujuan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan. Selain itu juga untuk mendekatkan sumber protein hewani khususnya ikan untuk keluarga stunting. “Jadi nanti masyarakat tidak repot – repot ke pasar, tinggal panen dari rumah dimasak untuk keluarga,” tutur Langgeng.

Jumlah bantuan yang diserahkan untuk Desa Ringinrejo sebanyak 10 unit, masing-masing terdiri dari 1 kolam terpal bundar diameter 1 meter, pakan 2 sak untuk 2 siklus, 300 ekor benih untuk 1 siklus, 1 botol probiotik dan 1 peralatan seser. “Kita akan terus memantau jangan sampai bantuan ini selesai terus berhenti. Makanya tadi teman – teman karang taruna Desa Ringinrejo saya kasih contact person untuk konsultasi,” ungkapnya.

Langgeng berharap Karang Taruna aktif dalam berbagai program, tak terkecuali Kolega ini. Para pemuda nantinya akan menjadi bapak rumah tangga. Dengan mengelola Kolega ini juga memberi manfaat untuk keluarga, karena makan ikan itu baik untuk ibu hamil, ibu menyusui maupun balita.

“Di tempat lain kita juga langsung ke lokus desa stunting, juga ada yang fokus ke kadernya. Demplot (demontrasi plot) ini kita gunakan untuk percontohan terlebih dahulu, mungkin tahun depan kalau bisa keluarga stunting juga dapat,” jelas Langgeng.

Sementara itu Ketua Karangtaruna Desa Ringinrejo, Harianto, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan yang sudah memberikan bantuan Kolega untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bantuan ini juga bermanfaat untuk melawan covid-19 dan stunting. “Untuk kedepannya nanti, teman – teman dari karang taruna akan membackup biar bisa lanjut, termasuk untuk penambahan kolam,” imbuhnya dengan antusias. [adv kominfo/nm]





Apa Reaksi Anda?

Komentar