Politik Pemerintahan

Tingkatkan Ekonomi Warga, Pemdes Ngreco Dirikan BUMDes

Kediri (beritajatim.com) – Sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa Ngreco, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Meski dulu sempat jalan, namun tidak berkambang, sehingga kini BUMDes Ngreco kembali dibuka kembali. Sebagai langkah awal pendiriannya, BUMDes bergerak dibidang jasa, penyediaan Alat Tulis Kantor (ATK), untuk memenuhi kebutuhan Kantor Desa.

Selain itu, sebelumnya di Desa Ngreco juga pernah diadakan pelatihan menyablon, tujuannya agar masyarakat memiliki ketrampilan, dimana nantinya diharapkan masyarakat dapat memproduksi kaos dan pakaian secara mandiri, sementara dalam proses pemasarannya dapat difasilitasi oleh BUMDes.

Kades Ngreco, Ahmad Bahrudin mengatakan BUMDes ini bisa menjadi etalase bagi masyarakat diluar daerah supaya lebih mengenal potensi yang ada di Desa, sehingga diharapkan dengan banyaknya masyarakat luar Kabupaten Kediri yang mengetahui dapat berdampak signifikan terhadap peningkatan sektor UMKM.

“Dengan adanya BUMDes tersebut, nantinya juga dapat menjadi etalase untuk produk – produk UMKM dari warga, pasalnya Desa Ngreco memiliki beragam produk, mulai dari krupuk, rengginan, tahu, tempe, pembibitan bunga, serta batu bata merah,” ucapnya.

Dengan adanya BUMDes ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan mengoptimalkan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, atau dengan kata lain sebagai salah satu sumber kegiatan ekonomi desa, bahkan juga dapat membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran di desa. [adv kominfo/nm].





Apa Reaksi Anda?

Komentar