Politik Pemerintahan

Tingkatkan Daya Beli, Pasar Induk Papar Kediri Luncurkan Program Pelayanan Digital

Kediri (beritajatim.com) – Untuk meningkatkan daya beli masyarakat, Pasar Induk Papar Kabupaten Kediri meluncurkan program digitalisasi pelayanan pasar tradisional ke berbasis online. Program ini sekaligus mencegah penyebaran Covid-19.

Pelayanan berupa aplikasi jual beli dengan nama Pasar.id, bentuk kerjasama dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan Pemerintah Kabupaten Kediri. Dan diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui Zoom Meeting, dalam rangka Launching Web Pasar Nasional dan Expo Brillian Preneur.

“Itu kan program pemerintah, tentunya kita menyambut baik untuk Web pasar.Lewat pelayanan tersebut juga membantu para pedagang untuk memasarkan dagangannya,” kata Koordinator Pasar Induk Papar Sumarno, pada Kamis (10/12/2020).

Manfaat dari penggunaan aplikasi web pasar tersebut adalah para pembeli tidak perlu lagi untuk berangkat ke lokasi pasar untuk berbelanja. Cukup melakukan transaksi online aplikasi, dengan melakukan transaksi nomor telfon pedagang, dan dilanjutkan transaksi melalui kurir.

Selain itu, Sumarno juga mengungkapkan dampak besar pandemi covid-19 ini menyebabkan keseluruhan omset para pedagang mengalami penurunan drastis. Bahkan, beberapa pedagang diantaranya penurunan omset hingga mencapai 50 persen.

“Harapannya, aplikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar, dapat membantu para pedagang didalam pasar. Sehingga dapat meningkatkan taraf hidup para pedagang pasar,” terangnya.

Sementara itu, turut melakukan zoom meeting bersama, Rabo, selaku Manager Pemasaran Mikro BRI Cabang Kediri, mengatakan penerapan aplikasi pasar.id ini telah dilakukan di seluruh pasar yang ada di Kabupaten Kediri.

Tindak lanjut dari acara launching tersebut, dirinya akan segera melakukan sosialisasi lanjutan dalam penerapan aplikasi Pasar.id. hal ini diupayakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melakukan jual beli secara online.

“Sesuai yang disampaikan pak Direksi tadi, tujuannya untuk mengembalikan perkonomian ini supaya cepat tumbuh kembali. Dengan cara tersebut diharapkan memperlancar penjualan para pedagang pasar,” pungkasnya. [adv kominfo/nm]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk