Politik Pemerintahan

Tingginya Partisipasi Pemilih Kunci Sukses Pemilu di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Mohammad Halili menilai suksesnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tidak lepas dari tingginya partisipasi masyarakat di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Hal itu disampaikan dalam kegiatan Evaluasi Fasilitas Kampanye Pemilu 2019 di Audotorium Hotel Odaita, Jl Raya Sumenep, Pamekasan, Rabu (31/7/2019). Dimana dalam kegiatan tersebut dihadiri jajaran komisioner KPU, Bawaslu, Perwakilan Partai Politik (Parpol) hingga sejumlah instansi terkait beserta para undangan.

“Secara umum, penyelenggaraan pemilu tahun 2019 berjalan dengan sukses, tetapi masih perlu masukan dan evaluasi dari seluruh elemen masyarakat. Sebab suksesnya pemilu tahun ini ditandai dengan tingginya partisipasi pemilih, sekalipun kami masih perlu masukan untuk perbaikan kedepan,” kata Mohammad Halili.

Selain itu pihaknya berharap pelaksanaan pemilu kedepan semakin baik, dan tentunya tingkat partisipasi dan kepercayaan masyarakat terhadap instansi yang dipimpinnya semakin meningkat. “Kami berharap dan meminta doa agar kami bisa amanah menjalankan tugas sebagai komisioner KPU Pamekasan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan lestari demokrasi lima tahunan yang digelar serentak 17 April 2019. KPU Pamekasan memasang target 90 persen partisipasi masyarakat dari total sebanyak 706.756 pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sekalipun realitanya partisipasi pemilih hampir mencapai angka 80 persen.

Namun total angka partisipasi pemilih tersebut, justru melampaui target yang dipatok KPU RI, yakni sebanyak 77,5 persen. Hal tersebut didukung dengan tiga proses pemilu serentak yang menyertakan lima jenis pemilihan berbeda, meliputi Pemilihan Legislatif (Pileg) mulai tingkat daerah, Provinsi, Pusat hingga pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar