Politik Pemerintahan

Tinggal Sebatang Kara, 100 Lansia di Lereng Kelud Terima Bantuan Permakanan

Kediri (beritajatim.com) – Sejumlah 100 orang lansia di lereng Gunung Kelud, Kabupaten Kediri menerima permakanan dari Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Sosial. Bantuan sosial permakanan ini merupakan program rutin Pemkab Kediri untuk memperdayakan kaum manula.

Penyerahan bantuan berlangsung di dua titik lokasi yakni, Kantor Desa Jagul dan Ngancar, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Dengan menerapkan protokol kesehatan, berupa memakai masker, rutin mencuci tangan dan menjaga jarak, bantuan diberikan langsung oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri, Drs. Suharsono.

“Bansos ini diberikan kepada para lansia. Mayoritas lansia yang hidup sendiri. Semoga bantuan ini bermanfaat,” kata Drs. Suharsono didampingi Kabid Rahabilitasi Sosial Dyah Saktiana dan Kabid Penanganan Fakir Miskin Arianto, serta para Kasi di Dinsos Kabupaten Kediri, Kepala Desa Jagul, Kepala Desa Ngancar dan Camat Ngancar.

Data dari Dinsos menyebutkan, jumlah penerima bansos sebanyak 100 orang lansia. Terdiri dari, 22 orang warga Desa Jagul dan 78 orang warga Desa Ngancar. Setiap satu penerima mendapat tiga paket permakanan. Sedangkan setiap satu paketnya berisi, beras 10 kilogram, minyak goreng 4 liter, gula putih 2 kilogram, abon lele 1,5 ons dan kecap manis 600 mili liter.

Suharsono berpesan kepada penerima, agar memanfaatkan bantuan untuk kebutuhan sehari-harian, serta tidak menjual kepada orang lain. “Kalau ketahuan ada yang dijual, maka tidak akan diberi lagi,” ancamnya.

Sugiyem, salah satu menerima bantuan mengaku bersyukur dan berterima kasih. Perempuan lansia asal Desa Ngancar ini mengaku, akan memanfaatkan bantuan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Alhamdulillah mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa bahan makanan. Saya sangat bersyukur sekali. Apalagi di saat Corona ini. Maka sangat membantu,” kata Sugiyem.

Bansos permakanan untuk lansia ini merupakan program rutin Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinsos. Program pemberdayaan ini menyasar para lansia yang umumnya tinggal sebatang kara di rumah. Sementara penerima bantuan digilir setiap tahunnya. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar