Politik Pemerintahan

Tinggal PKB yang Belum Umumkan Rekom untuk Pilkada Jember

Jember (beritajatim.com) – Sepuluh partai politik sudah menentukan calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tinggal Partai Kebangkitan Bangsa yang belum membuka naam pasangan yang akan didukung.

Saat ini dukungan sepuluh partai terdistribusi pada dua pasangan calon. Nasdem, Gerindra, PKS, Demokrat, dan PPP mendukung Hendy Siswanto-Muhammad Balya Firjaun Barlaman. Sementara PDI Perjuangan, PAN, Partai Golkar, Berkarya, dan Perindo mendukung Abdus Salam-Ifan Ariadna.

Kendati jumlah partai pendukung sama, namun dari aspek kursi di DPRD Jember, Hendy-Firjaun mendapat dukungan dari partai-partai besar. Nasdem memiliki 8 kursi, Gerindra 7 kursi, PKS 6 kursi, PPP 5 kursi,. dan Demokrat 2 kursi. Kendati hanya dua kursi, Demokrat adalah partai pertama yang mendukung Hendy-Firjaun. Total ada 28 kursi.

Sementara itu, PDI Perjuangan memiliki 7 kursi, PAN, Perindo, Golkar masing-masing dua kursi, dan Berkarya 1 kursi. Total ada 14 kursi.

Ke mana PKB yang memiliki delapan kursi parlemen akan berlabuh? “Kalau rekom PKB tidak usah ditanya pasti keluar sendiri. Tenang saja. Santai. Memang PKB seperti itu,” kata Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang PKB Jember Ayub Junaidi, dalam acara webinar tentang pemilihan kepala daerah, Kamis (3/9/2020).

Situasi ini sama seperti saat pilkada lima tahun sebelumnya. Saat itu, PKB merapat ke pasangan Sugiarto-Dwi Koryanto dan tak memilih pasangan Faida-Abdul Muqiet Arief pada detik-detik akhir jelang pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum Jember. Sebelumnya nama Faida masuk dalam panitia seleksi calon bupati. Namun, PKB memilih mendukung Rasyid Zakaria-Zainul Hasan sebelum akhirnya mendukung Sugiarto-Dwi Koryanto. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar