Politik Pemerintahan

Tim URC Perbaikan Jalan di Gresik Harus Responsif Terima Laporan Masyarakat

Gresik (beritajatim.com) – Tim unit reaksi cepat (URC) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, harus responsif menerima keluhan masyarakat terkait perbaikan jalan di Kabupaten Gresik.

Penegasan itu disampaikan Bupati Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) saat melaunching aplikasi layanan pengaduan pengguna jalan (APALAN).

“Saya cuma pesan aplikasi ini jangan cuma sekedar seremonial saja. Sebaliknya tim URC ini harus lebih responsif saat menerima pengaduan masyarakat,” ujarnya, Selasa (23/03/2021).

Keberadaan aplikasi ini lanjut Gus Yani, sangat penting. Sebab, dirinya tidak mau warganya menjadi korban kecelakaan lalu-lintas hanya gara-gara jalan rusak.

“Harus fokus ke infrastruktur perbaikan jalan. Saya tidak mau masyarakat Gresik menjadi korban hanya karena jalan berlubang, dan tergenang saat berkendara,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR) Gunawan Setijadi menyatakan ada enam tim URC yang disebar guna mempercepat layanan perbaikan jalan.

“Tim URC ini fokus menangani perbaikan jalan darurat. Ada enam tim yang dibentuk baik itu dibagian utara, selatan ,tengah ,kota, malam, dan Pulau Bawean,” katanya.

Selama ini lanjut Gunawan, penyampaian kerusakan jalan hanya kurang koordinasi. Perlu suatu sistem informasi kerusakan, harus langsung tertampung Dinas PUTR ditindaklajuti dan langsung ditangani.

“Informasi kerusakaan selama ini tidak pada tempatnya. Sebelumnya pengaduannya melalui Diskominfo. Kalau ada keluhan laporan kerusakan jalan, kapan terjadi. Segera kami tindaklanjuti,” paparnya.

Dirinya mengklaim jumlah jalan rusak di Gresik lebih sedikit ketimbang jumlah jalan dengan kondisi baik.

“Secara prosentase hanya 74 persen dalam kondisi sedang dan bagus. Sisanya, 26 persen dalam kondisi kurang baik atau rusak dan segera diperbaiki,” pungkasnya. (dny/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar