Politik Pemerintahan

Tim Staf Khusus Presiden RI Tinjau Situs Cagar Budaya Kerajaan Majapahit

: Kunjungan kerja Tim Staf Khusus Presiden RI di Situs Cagar Budaya Kerajaan Majapahit. [Foto : istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Tim Staf Khusus Presiden RI meninjau beberapa situs sejarah Kerajaan Majapahit yang ada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Kunjungan kerja ini juga untuk mengevaluasi potensi cagar budaya yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata ekonomi konservasi.

Kepala Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Timur, Zakaria Kasimin menjelaskan, tentang potensi serta permasalahan yang dihadapi BPCB Provinsi Jawa Timur dalam pengelolaan cagar budaya yang ada di wilayah Provinsi Jawa Timur. Tak hanya itu, fungsi BPCB juga untuk mengembangkan beberapa situs.

“Tidak hanya mengembangkan objek situs saja, namun masih ada potensi alam yang bisa dikelola menjadi situs pariwisata. Diantaranya flora dan sebagainya, seperti yang ada di kawasan cagar budaya,” ungkapnya, Senin (8/3/2021).

Kepala Bidang Cagar Budaya dan Sejarah Provinsi Jawa Timur, Susanto menambahkan, Provinsi Jawa Timur mempunyai beberapa program kerja 2021 tentang pengembangan potensi cagar budaya yang berfokus pada Gunung Penanggungan yang akan melibatkan beberapa lini.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden RI, AAGN Ari Dwipayana mengatakan, dalam mengedukasi anak-anak sekarang diperlukan cara-cara yang kekinian dalam pengemasan informasi cagar budaya. “Apresiasi patut diberikan kepada tim ekskavasi BPCB Provinsi Jawa Timur,” urainya.

Tak hanya itu, apresiasi juga patut diberikan kepada tim-tim yang lain dalam hal pelestarian cagar budaya di Jawa Timur. Menurutnya, dalam pengembangan potensi cagar budaya yang utama difikirkan adalah tata kelolanya. Ari mengingatkan, jangan sampai ada Mass Tourism yang terjadi pada cagar budaya.

“Itulah yang disebut sebagai Ekonomi Konservasi. Kunjungan ini untuk mengevaluasi potensi cagar budaya yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata ekonomi konservasi. Rencananya, kita juga akan melanjutkan kegiatan di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta,” tambahnya. [tin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar