Politik Pemerintahan

Tim Satgas Saber Pungli Awasi Penyaluran Bantuan Sosial di Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Tim satuan tugas sapu bersih pungutan liar (satgas saber pungli) Ponorogo akan melaksanakan pengawasan penyaluran berbagai bantuan sosial. Baik bantuan sosial dari Pemerintah Pusat, Pemprov Jatim maupun Pemkab Ponorogo dalam penanganan dampak ekonomi virus Covid-19 ini.

“Kami akan terjunkan anggota kami untuk melihat dan mengawasi penyaluran bantuan sosial tersebut,” kata Ketua Satgas Saber Pungli Ponorogo Kompol Indah Wahyuni, Sabtu (9/5/2020).

Yang terbaru, tim satgas mengawasi penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dari Pemerintah Pusat di Kantor Pos Ponorogo dan Kelurahan Bayudono pada Rabu (6/5) 2020) lalu. Jadi, kata Indah Wahyuni disetiap tempat penyaluran ada perwakilan dari tim saber pungli yang mengawasi. Tim ini pun juga dari perwakilan lembaga-lembaga, yakni dari Inspektorat, Polri, TNI, dan Kejari Ponorogo.

“Mengawasi pelaksanaan, supaya tidak terjadi yang harusnya dikasih malah tidak dikasih. Ada yang sudah dapat bantuan, namun dapat bantuan lagi, jadi dobel gitu,” katanya.

Indah Wahyuni yang juga menjabat sebagai Wakapolres Ponorogo itu menyebut pihaknya sudah mendapatkan jadwal penyaluran bantuan sosial dari dinas terkait. Dengan begitu, tim satgas bisa mudah untuk koordinasi pengawasannya. Jika ada indikasi kecurangan, seperti pemotongan atau bantuan tidak diberikan kepada yang berhak menerima, tim satgas akan melakukan lidik. Tentu sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

“Pengawasan ini kan tujuannya guna menghindari adanya penyimpangan terhadap penyaluran bantuan sosial. Semoga dengan pengawasan ini, penyaluran bantuan tepat sasaran,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar