Politik Pemerintahan

Tim Pemenangan Ipong-Bambang Legowo Tak Layangkan Gugatan Pilkada ke MK

Suprianto, Tim Pemenangan Ipong-Bambang

Ponorogo (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo sudah menyelesaikan tahapan rekapitulasi perolehan suara Pilkada Ponorogo tahun ini.

Rekapitulasi yang digelar di Gedung Sasana Praja pada Selasa (15/12) kemarin itu membuahkan hasil perolehan suara untuk kedua pasangan calon (paslon). Dimana paslon nomor urut 1 Sugiri Sancoko-Lisdyarita memperoleh suara 61 persen.

Sedangkan paslon nomor urut 2 Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono mendapatkan suara 38 persen.

Menanggapi hasil tersebut, ketua pemenangan Ipong-Bambang, Suprianto menilai secara prinsip kontestasi Pilkada Ponorogo tahun ini sudah selesai. Sebab, KPU Ponorogo sudah menetapkan perolehan suara untuk masing-masing paslon.

“Secara prinsip kontestasi sudah selesai, sebab hasilnya sudah diputuskan. Secara pribadi saya legowo,” kata Supriyanto, Rabu (16/12/2020).

Pihaknya, kata Supriyanto menerima hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Ponorogo tersebut. Dengan begitu, Supriyanto memberi siyal jika tim pemenangan Ipong-Bambang tidak akan melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi terkait hasil Pilkada di Ponorogo ini.

“Kayaknya tidak melayangkan gugatan, kami menerima hasil rekapitulasi ini,” pungkas Supriyanto.

Untuk diketahui, setelah KPU Ponorogo menetapkan perolehan suara pada Pilkada ini. Mereka menunggu selama 3×24 jam terkait  ada atau tidaknya surat gugatan dari tim paslon ke Mahkamah Konstitusi (MK). Jika tidak, pihaknya menunggu adanya buku registrasi perkara konstitusi (BKPK) yang akan diberikan MK ke KPU RI. Setelah itu, baru KPU RI menyampaikannya ke KPU Ponorogo, ada tidaknya gugatan ke MK. Baru pada jangka waktu 5 hari, KPU Ponorogo bisa mengumumkan paslon pemenang dalam Pilkada Ponorogo.

“Nanti KPU RI akan menyampaikan ke kami terkait ada tidaknya gugatan ke MK. Jika tidak ada gugatan, kami akan segera mengumumkan paslon pemenang dalam Pilkada ini,” kata Ketua KPU Ponorogo Munajat. (end/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar