Politik Pemerintahan

Tim Pemenangan Ikbar Serahkan Uji Swab Al Barra ke KPU Kabupaten Mojokerto

Sekretaris Timses Ikbar, Sulaiman Rosyid menyerahkan hasil Swab Covid-19 yang diterima oleh Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto, Achmad Arif. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Tim Pemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati- Muhammad Al Barra (Ikbar) menyerahkan hasil ST PCR ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto. Hasil uji swab Covid-19 tersebut milik Muhammad Al Barra.

Sekretaris Timses Ikbar, Sulaiman Rosyid mengatakan, hasil uji swab milik Muhammad Al Barra tersebut tidak diserahkan saat pendaftaran, Jumat (4/9/2020) kemarin. “Sebenarnya sudah melakukan swab di Labkesda Kabupaten Mojokerto pada, Jumat pagi kemarin,” ungkapnya, Sabtu (5/9/2020).

Masih kata Sulaiman, kedatangannya ke kantor KPU Kabupaten Mojokerto tidak lain untuk menyerahkan hasil uji swab tersebut. Hasil uji swab Covid-19 terhadap putra pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Amanatul Ummah, KH Asep Saefudin Chalim tersebut dinyatakan negatif.

“Kita telah mendapat sosialisasi terkait PKPU Nomor 6 Tahun 2020 pada Selasa kemarin yakni terkait pentingnya Swab Covid-19 ini. Karena asumsi kita, nanti ada swab Covid-19 terhadap bagi Bapaslon saat tes kesehatan pada tanggal 7-9 September 2020,” katanya.

KPU Kabupaten Mojokerto telah menerima surat kajian dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait saran perbaikan tata cara penerimaan pendaftaran tentang permintaan dokumen hasil RT PCR (Swab Covid-19) terhadap calon Wakil Bupati, Muhammad Al Barra.

“Kita juga sudah menindaklanjuti dalam bentuk surat dan ternyata hari ini juga direspon oleh Tim Pemenangan Ikbar. Hasilnya sudah diserahkan dan hasil swab Covid-19 negatif. Hasil RT PCR ini tidak ada pengaruh dalam penerimaan berkas dokumen persyaratan pendaftaran pencalonan,” ujarnya.

Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto, Achmad Arif. [Foto: misti/bj.com]

Masih kata Divisi Teknis ini, hasil RT PCR merupakan bagian dari pemenuhan terhadap pelaksanaan proses pendaftaran sesuai protokol kesehatan dan tidak termasuk dokumen syarat calon. Ini sesuai PKPU Nomor 10 Tahun 2020 perubahan ke 2 PKPU Nomor 6 Tahun 2020 Pasal 60.

“Sehingga kemarin kita terbitkan formulir TT.1KWK beserta lampiran termasuk berita acara pendaftaran bahwa Bapaslon tersebut itu statusnya kita nyatakan diterima,” pungkasnya.

“Sebab kita dalam masa pandemi langkah baiknya membawa hasil swab. Tanpa membawa hasil swab sebetulnya kita juga akan melakukan tes kesehatan secara resmi nanti di Surabaya pada 7-9 September termasuk swab,” terangnya, calon Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Al Barra.

Menurutnya, ia sudah menjalani uji swab di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Mojokerto pada, Jumat (4/9/2020) kemarin. Hasil uji swab tersebut keluar sekira pukul 21.00 WIB sehingga Tim Pemenangan Ikbar menyerahkan uji swab tersebut pada, Sabtu (5/9/2020).

“Iya negatif hasilnya, sudah keluar dan disampaikan ke KPU Kabupaten Mojokerto,” tegasnya. [tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar