Politik Pemerintahan

Tim ITTelkom Surabaya Jadi Finalis di Kompetisi Inovasi Internasional

Surabaya (beritajatim.com) – Lima mahasiswa Teknologi Informasi ITTelkom Surabaya tembus kompetisi international di ajang Engineering Innovation Challenge 2020 yang akan digelar pada 21 November 2020 di Singapura.

Lima mahasiswa tersebut yakni Mochammad Rafi Adityawarman, Muhamad Iqbal Maulana, Muhammad Akbar Ramadhan, Rasyid Sabillillah, dan Wiranti Maharani dengan inovasi Fruits Light Sterilization Using Fuzzy Logic Based on Water Content and Fruit Texture.

Sebagai tuan rumah kompetisi ini adalah Institution of Engineers, Singapura (IES) 2020. Kompetisi dengan tema radiasi 3600 ini menantang peserta untuk membangun prototipe atau model untuk mendemonstrasikan ide-ide dalam mengeksplorasi atau melakukan perbaikan inovatif pada penerapan radiasi pengion di bidang ketahanan pangan.

Itu mengingat deklarasi Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2020 menjadi Tahun Tanaman Kesehatan Internasional.

Menyambut tantangan kompetisi bergengsi tersebut, tim ITTelkom Surabaya mengeluarkan inovasi yang diberi nama Fruits Light Sterilization Using Fuzzy Logic Based on Water Content and Fruit Texture. Inovasi ini bertujuan untuk membuat ketahanan apel Malang agar tidak cepat membusuk.

Nantinya para peserta dari ITTelkom Surabaya tersebut diundang langsung ke Singapura untuk memamerkan inovasi tersebut untuk dilakukan penjurian akhir dan presentasi penghargaan pada 21 November 2020 di National Engineers Day 2020.

Hal membanggakan lain dari kampus sejuta inovasi ini tidak berhenti disana saja, pada bulan yang sama ITTelkom Surabaya me-launching 3 inovasi baru yakni Portable Mask, Healthy Filter Air Conditioner dan Healthy Filter Exhaust yang bertempat di Gedung Institut Teknologi Telkom Surabaya. Masing-masing alat dipresentasikan langsung oleh Rektor ITTelkom Surabaya, Tri Arief Sardjono.

“Tiga alat yang kami luncurkan terinspirasi dari beragam permasalahan yang timbul di masyarakat akibat pandemi Covid-19. Semisal, Portable Mask yang kami ciptakan sejak sebagian orang merasa sesak saat menggunakan masker biasa sehingga Portable Mask ini hadir dengan keunggulan dapat memurnikan udara dengan karbon filter. Bantuan lampu UV-X portable yang dapat membunuh virus serta VGA fan yang berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara. Sumber tenaga pada kotak ini menggunakan battery Li-Po bertegangan 12V,” ujar Tri Arief Sardjono, Jumat (6/11/2020).

Alat kedua yakni Healthy filter air conditioner merupakan sebuah eksternal filter atau disebut juga filter tambahan pada AC (Air Conditioner). Filter AC berfungsi sebagai proteksi tambahan agar virus dan partikel kecil dapat tersaring.

Dengan begitu AC menghasilkan udara yang bersih dan sehat. Filter terdapat 3 layer, layer pertama yakni layer UV. UV yang digunakan dalam filter ini adalah filter UV-C yang dapat membunuh virus. Layer kedua yakni layer HEPA filter, filter ini dapat menyaring udara hingga partikel-partikel terkecil. Layer terakhir yakni layer karbon yang berfungsi untuk memurnikan udara. Alat ke tiga yakni Healthy filter exhaust merupakan alat filtrasi tambahan yang terpasang pada exhaust.

Filter ini berfungsi untuk menyaring udara dari luar yang masuk ke dalam ruangan. Dengan adanya filter ini, udara dalam ruangan akan menjadi bersih dan sehat. Filter ini terdapat 4 layer, layer pertama yakni layer UV. UV yang digunakan dalam filter ini adalah 2 buah filter UV-C yang dapat membasmi virus.

Layer kedua yakni layer HEPA filter yang mampu menyaring udara kotor hingga partikel terkecil. Layer ketiga yakni layer karbon yang berfungsi untuk membuat udara yang dikeluarkan oleh exhaust menjadi netral dan lebih bersih. Layer terakhir yaitu filter mat yang berfungsi untuk menyaring partikel-partikel padat.

“Peluncuran alat-alat tersebut merupakan bagian komitmen kami untuk terus mendukung percepatan penanggulangan wabah Covid-19 serta diharapkan dapat menginspirasi masyarakat agar tak patah arang untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” tambah Arief. [adg/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar