Politik Pemerintahan

Tim Hendy-Firjaun Temukan Dugaan 85 Ribu Pemilih Ganda dalam DPT Jember

Jember (beritajatim.com) – Tim pemenangan Hendy Siswanto – Muhammad Balya Firjaun Barlaman menemukan 85 ribu pemilih yang diduga ganda dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Ini terungkap setelah tim Hendy-Firjaun meneliti DPT resmi dari Komisi Pemilihan Umum Jember. “Ternyata setelah kami bongkar ditemukan beberapa nama yang mencurigakan, baik di tempat pemungutan suara (TPS) yang sama atau di TPS yang berbeda, tapi berada salam satu lingkungan, atau antardesa. Juga ada nama sama, tanggal (lahir) sama, di kecamatan berbeda,” kata Mohammad Jaddin Wajad, anggota tim pemenangan Hendy-Firjaun.

Wajad berharap agar tidak ada data ganda yang disalahgunakan pihak-pihak tertentu untuk mencederai proses demokrasi. “Tentu ini akan sangat merugikan. Tolong DPT jangan disalahgunakan, atau paling tidak ada revisi dari KPU atau Bawaslu atau pihak-pihak terkait. Saya berharap tidak ada pemanfaatan salah,” katanya.

Tim Hendy-Firjaun akan melaporkan ini ke Badan Pengawas Pemilu Jember. “Ini memang harus disikapi tegas, karena sangat merugikan,” kata wajad.

Tim Hendy-Firjaun akan mengawal proses dengan baik. “Kami akan fokus dan melakukan pengawasan ekstra dalam proses pemilu ini, termasuk dalam soal DPT ini. Jika nantinya ada penyalahgunaan DPT ganda ini, kami akan proses secara hukum,” katanya.

Menanggapi hal itu, Andi Wasis, salah satu Komisioner KPU Jember siap menerima laporan Tim Hendy-Firjaun. “Disampaikan dulu saja, baru kami sikapi,” katanya, Jumat (4/12/2020).

Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu Jember Thobrony Pusaka mengatakan, pada dasarnya sudah memberikan saran perbaikan sebelum penetapan DPT. “Dan itu sudah ditindaklanjuti. Apabila pihak Tim 02 memang menemukan kegandaan tersebut, bisa dilaporkan ke KPU Jember dengan tembusan Bawaslu. Jadi kami bisa mengawal juga,” katanya. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar