Politik Pemerintahan

Tim BHS Inventarisir Dugaan Pelanggaran di Pilkada Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Tim Pemenangan Paslon Nomor 1 Bambang Haryo Soekartono (BHS) – Taufiqulbar, menanggapi hasil sidang pleno KPU Sidoarjo dalam rekapitulasi tingkat kabupaten, penghitungan suara, bukan sebuah keputusan penetapan paslon yang memenangkan Pilkada Sidoarjo 2020.

Taufiq Putri Henny Juru bicara Tim Pemenangan BHS mengatakan, soal Pilkada Sidoarjo 2020, sampai sekarang belum final. Apa yang sudah dilakukan oleh KPU Kabupaten Sidoarjo masih dilakukan kajian dan penelitian timnya.

Sebab dalam proses Pilkada Sidoarjo 2020, dari timnya menemukan banyak dugaan pelanggaran, di TPS, dalam penghitungan dan lainnya. Dari temuan yang ada dan sekarang di inventarisir, nantinya akan dijadikan bahan untuk proses selanjutnya, yakni mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sekarang masih dalam kajian dan penelitian secara mendalam oleh tim hukum BHS-Taufiq soal dugaan tersebut. Kami berharap masyarakat tidak usah terpengaruh oleh klaim-klaim menang yang ada,” katanya Kamis (17/12/2020).

Ia menambahkan, dasar Tim BHS-Taufiq mengajukan gugatan yakni sudahkan pemilihan umum ini berjalan atau berproses jujur dan adil. “Paling lambat, sabtu lusa akan kami beritahukan soal pengajuan gugatan,” janjinya menambahkan.

Sementara Guntur Budiawan dari Tim BHS -Taufiq lainnya menjelaskan, sampai saat ini belum ada penetapan KPU Kabupaten Sidoarjo dalam pemenang Pilkada Sidoarjo 2020.

Dan Tim BHS – Taufiq sampai saat ini masih melakukan kajian secara mendalam soal hasil penghitungan KPU Kabupaten Sidoarjo. Karena  tim dari BHS-Taufiq tidak bersedia tanda tangan hasil rekapitulasi KPU Kab. Sidoarjo.

“Semua hasil rekap dari saksi tiap TPS, sudah dikumpulkan dan hasilnya BHS – Taufiq memperoleh suara seperti semula yakni 41% unggul dari paslon lainnya,” tandasnya.

Disinggung soal berapa tim kuasa hukum yang akan mendampingi dala. Pengajuan gugatan ke MK? Guntur menjelaskan lebih dari dua orang. Tim kuasa hukum yang mendampingi BHS-Taufiq terdiri dari kolaborasi tim  hukum internal dan eksternal. (isa/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar