Politik Pemerintahan

Tim Advokat ‘Bersahabat’ Bela DPRD Jember di Pengadilan

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 20 orang advokat bertemu dengan pimpinan DPRD Jember, Jawa Timur, Selasa (10/3/2020). Mereka sepakat membentuk tim untuk mendampingi DPRD Jember yang digugat oleh salah satu warga terkait penggunaan hak angket.

Tim tersebut bernama Bersahabat, yang merupakan akronim dari Jember Sejahtera dan Bermartabat. Mereka bersedia bekerja tanpa dibayar.

“Kami hadir sebagai bentuk tanggung jawab moral advokat yang tahu dan paham situasi dan kondisi Jember,” kata Didik Muzani, juru bicara Tim Advokat Bersahabat, usai pertemuan.

Para advokat tersebut ingin segera menyikapi gugatan hukum warga (citizen law suit atau CLS) yang dilakukan Slamet Mintoyo sebagai bentuk edukasi ke masyarakat. “Bagaimana meng-counter gugatan CLS ini secara profesional,” kata Didik.

“Ini proses edukasi kepada masyarakat secara hukum yang berkaitan dengan aspek politis dan sosiologis. Ini sangat vital karena Jember akan menggelar pemilihan bupati. Tujuan akhirnya adalah supaya Jember ada perubahan yang lebih baik ke depan untuk masyarakat,” kata Didik.

Para advokat ingin mengawal DPRD Jember dalam memunculkan produk-produk hukum agar lebih terlegitimasi. Mereka siap memberikan masukan-masukan kepada parlemen. “Gugatan CLS ini dasar hukum acaranya masih belum baku. Beda dengan gugatan class action. Tapi tidak masalah bagi kami. Ini bagian dari proses pembelajaran kita bersama,” kata Didik. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar