Politik Pemerintahan

Tiga Pasangan Siap Bertarung di Pilkada Mojokerto

Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Penerimaan Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto kelar digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto. Ada tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftar dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, 9 Desember mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Muslim Buchori mengatakan, ada tiga pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto yang mendaftar di KPU Kabupaten Mojokerto. “Yang Jumat kemarin dua calon. Pendaftar pertama atas nama YONI dan yang kedua atas nama Ikbar,” ungkapnya, Senin (7/9/2020).

Di hari ketiga Penerimaan Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto tahun 2020, ada satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto yang mendaftar. Yakni Pungkasiadi-Titik Masudah. Syarat pencalonan lengkap dan absah serta syarat calon lengkap sehingga pasangan Mas Pung-Mbak Titik menerima tanda terima.

“Sehingga KPU Kabupaten Mojokerto menerbitkan tanda terima serta surat pengantar untuk pemeriksaan kesehatan. Kursi habis (tidak ada lagi pasangan calon yang mendaftar). Setelah ini tahapan pemeriksaan kesehatan, yakni mulai besok (hari ini) di RSU Dr Soetomo Kota Surabaya,” jelasnya.

Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto. [Foto: misti/bj.com]

Ketiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto yang mendaftar di KPU Kabupaten Mojokerto yakni pasangan Yoko Priyono-Choirunnisa (YONI) yang diusung dua partai politik (parpol). Yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan jumlah lima kursi di parlemen dan Partai Golkar dengan enam kursi. Total ada 11 kursi.

Pasangan kedua yakni Ikfina Fahmawati dan Muhammad Al Bara (Ikbar). Ikbar diusung enam parpol yakni Partai NasDem dengan tiga kursi, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan dua kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) dengan dua kursi, Partai Kesejahteraan Sosial (PKS) dengan empat kursi.

Partai Gerindra dengan tiga kursi dan Partai Demokrat dengan lima kursi sehingga total ada 19 kursi. Pasangan ketiga yakni pasangan petahana Pungkasiadi-Titik Masudah yang diusung tiga partai. Partai Kebangkitan Bangsa (PKS) dengan sembilan kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) dengan 10 kursi dan Partai Bulan Bintang dengan satu kursi.

Sehingga total ada 20 kursi di Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mojokerto. Mas Pung-Mbak Titik juga didukung empat partai non parlemen yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). [tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar