Politik Pemerintahan

Tiga Caleg Terpilih DPRD Sumenep dari PAN Terancam Tak Dilantik

Sumenep (beritajatim.com) – Tiga Calon Legislatif (Caleg) terpilih pada pemilu 2019 terancam tidak dilantik, karena belum menyerahkan bukti Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPU. Tiga Caleg itu dari Partai Amanat Nasional (PAN).

“Ada tiga Caleg terpilih yang belum menyerahkan bukti LHKPN ke kami. Padahal sudah diberi waktu tujuh hari setelah diumumkan,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits, Selasa (30/07/2019).

Ia mengaku telah tiga kali mengirim surat ke partai pengusung Caleg. Bahkan satu kali mengirimkan surat langsung ke Caleg terpilih tersebut.

“Hingga saat ini, ketiga caleg itu belum menyerahkan. Kalau pun menyerahkan bukti penyerahan LKHPN hari ini, kami akan koordinasikan dulu ke KPU Jatim, karena sudah melampaui batas waktu yang telah ditentukan,” ujarnya.

Sementara Ketua Harian DPD PAN Sumenep, Faisal Muhlis menjelaskan, lambatnya penyerahan bukti LHKPN itu lantaran ada miskomunikasi antara caleg terpilih dengan operator.

“Ada miskomunikasi antara caleg dengan operator, sehingga bukti LHKPN belum bisa diserahkan hingga batas waktu yang ditentukan,” tukasnya.

Pada Selasa siang, KPU Sumenep menyerahkan berkas usulan pengambilan sumpah caleg terpilih ke Bupati Sumenep guna disampaikan ke Gubernur Jawa Timur. Berkas serupa juga diserahkan ke DPRD Sumenep. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar