Politik Pemerintahan

Tidak Estetik, 14 TPS di Magetan Ditutup

Magetan (beritajatim.com) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magetan menutup 14 TPS pada wilayah kota. Karena, keberadaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) tersebut dianggap sudah tidak lagi relevan dan sesuai dengan estetika kota saat ini.

“TPS yang ditutup tersebut berada di jalan Jaksa Agung atau samping Pemda, jalan Manggis, Diponegoro, Stadion, jalan Pandu satu dan dua, jalan Bangka, Jambu, Tripandita dan Dukuh,” kata Eny Purwanti Plh Kabid PSLB3 DLH Magetan kepada beritajatim.com, Rabu (14/4/2021).

Ia menambahkan, warga yang membuang sampah hanya cukup didepan rumah, nantinya akan diambil oleh petugas kebersihan. Jam pembuangan sampah warga pun pada malam hari, yaitu jam 20.00 wib hingga jam 22.00 wib.

“Bekas TPS yang ditutup, akan difungsikan sebagai tempat komposting atau tempat menyimpan peralatan kebersihan petugas,” paparnya.

Nantinya, sampah yang dibuang dan diambil petugas dari rumah rumah warga akan dipisah pisah antara sampah organik dan nonoraganik. Karena, selama ini sampah keluarga masih bercampur, setelah dipisahkan menyisakan residunya saja, baru dibuang ke TPA.

Menurutnya, selama ini TPA yang ada juga dimanfaatkan oleh warga luar kota membuang sampah, padahal TPS yang ada khusus untuk masyarakat perkotaan.

“Warga luar kota kan sudah diatur dan disediakan pada Kelurahan maupun desa masing masin dalam pengelolaan sampah. Dengan ini warga luar tidak lagi seenaknya sekarang membuang sampah,” tutupnya.(asg/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar