Politik Pemerintahan

THR Karyawan Perusahaan Wajib Dibayar H-7 Lebaran

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, kembali mengingatkan setiap perusahaan di wilayah setempat, agar segera membayar Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para karyawan maksimal H-7 Lebaran 2021.

Besaran THR yang menjadi kewajiban setiap perusahaan yaitu sebesar satu kali gaji, sesuatu dengan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Kewajiban Perusahaan Membayar THR Karyawan.

“Jadi berdasar Peraturan Pemerintah dan Permen Ketenagakerjaan, setiap perusahaan berkewajiban membayar THR kepada semua karyawan, maksimal H-7 lebaran,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM-PTSP) Pamekasan, Supriyanto, Rabu (5/5/2021).

Kewajiban tersebut harus dilakukan semua perusahaan di Indonesia, tidak terkecuali perusahaan yang berada di kabupaten Pamekasan. “Apabila ada perusahaan yang tidak sanggup memberikan THR sesuai surat edaran, maka harus ada kesepakatan dengan karyawan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga membuka posko pengaduan yang berfungsi menampung laporan buruh atau karyawan, jika ada perusahaan yang tidak mau membayar THR sebagai bentuk tanggungjawab. “Bagi setiap perusahaan yang sudah membayar THR kepada karyawan agar segera melapor kepada dinas terkait sebagai evaluasi,” jelasnya.

“Jadi evaluasi ini nantinya untuk masing-masing perusahaan khususnya berkenaan dengan kesepakatan antara perusahaan dengan karyawan. Intinya THR bagi karyawan ini harus diberikan maksimal H-7 Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah,” pungkasnya. [pin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar