Politik Pemerintahan

Tes Tulis Bacakades Banyuwangi Akan Diulang, Tapi…

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat membuka Festival Kampung Digital di RTH Maron Kecamatan Genteng, Selasa (3/9/2019). [Foto:rindi/beritajatim]

Banyuwangi (beritajatim.com) – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas merespon mengenai permasalahan proses seleksi tahap uji tes tulis bakal calon kepala desa (Bacakades).

Bupati Anas juga memberikan keterangan khusus bagi bacakades Kaligondo, Kecamatan Genteng, Wasito yang mendapat nilai nol (0) saat uji tes tulis. Termasuk mengambil langkah menanggapi permasalahan itu.

“Saya sejak hari pertama saya ketemu dengan yang bersangkutan, waktu tes ketemu di sana, dia hadir sampai selesai saya salaman dengan mereka. Hari kedua, saya ketemu di masjid ketika dia melaporkan terkait dengan kejanggalan karena nilainya nol,”

“Saya sudah meminta kepada bagian pemerintahan untuk melakukan upaya ke panitia seleksi sebisa dijembatani, kalau perlu dilakukan tes ulang,” kata Bupati Anas, Selasa (3/9/2019).

Tapi, Anas menilai persoalan ini kewenangannya di tim seleksi dan bukan di pemerintah daerah. Sehingga, pihaknya menutuskan untuk berkirim surat ke tim seleksi.

“Maka saya meminta mereka untuk meneruskan ke tim seleksi. Tapi, menurut tim seleksi ini sudah final. Tetapi, saya hari ini akan berkirim surat kembali ke tim seleksi, agar mereka untuk membuat surat resmi bahwa ini sudah final. Karena kewenangannya ini ada di panitia seleksi bukan di pemda,”

“Harapan saya ini ada instrumen atau jalan yang bisa dibuktikan secara tertulis dari pihak tim seleksi. Jadi clear Pemda akan meneruskan ini ke tim panitia seleksi,” ungkapnya. [rin/suf]

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar