Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Terobosan Baru Gus Muhdlor, Bangun Pos Damkar di Wilayah Sidoarjo Barat

Sidoarjo (beritajatim.com) – Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) membangun lagi 1 unit Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) di wilayah Sidoarjo barat, Krian. Keberadaan Pos Damkar Krian ini sebagai langkah menunjang percepatan respons time apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran di wilayah Sidoarjo barat.

Secara resmi Pos Damkar di Krian itu mulai dioperasikan Jumat (22/4/2022). Saat ini sudah ada 6 titik Pos Damkar dan jumlahnya akan terus ditambah. Gus Muhdlor juga menyampaikan, penambahan jumlah Pos Damkar sebagai sarana untuk mempercepat respons time dalam menangani situasi dalam keadaan darurat.

“Harusnya response time untuk menuju ke tempat kejadian hanya 15 menit, kita masih 17 menit kemungkinan besar juga karena jaraknya terlalu jauh serta sebarannya yang kurang. Karena kalau daerah barat itu dalam tanda kutip tidak ada sama sekali mulai dari Wonoayu, Krian, Balongbendo, Tarik dan ini baru mengawali,” ujar Gus Muhdlor.

Gus Muhdlor menambahkan, Pos Damkar Krian ini menjadi salah satu unit yang besar. Dimana terdapat 2 mobil pemadam kebakaran dan 4 regu pasukan di dalamnya. “Pos Damkar Krian ini mempunyai 2 mobil rescue dan juga tim rescue untuk membantu penyelamatan atau evakuasi saat terjadi kebencanaan,” jelasnya.

Alumni Unair Surabaya itu berharap dengan adanya penambahan infrastruktur seperti ini bisa mengcover jika terjadi keadaan darurat baik di Krian maupun di kecamatan sekitar Krian. Dengan begitu bisa meminimalisir kerugian yang diakibatkan oleh keadaan darurat.

“Harapannya bisa mencakup Krian , Balongbendo, Tarik sama Wonoayu. Nantinya akan kita tambahkan di Tulangan atau Prambon atau Taman yang memang membutuhkan. Daerah Selatan masih belum, ada satu di Porong, tapi terkadang juga ada waktu yang harus dikejar yakni respons time agar kemudian ketika sampai bukan bangunannya sudah hangus, tetapi bisa memadamkan untuk meminimalisir kerugian yang diterima oleh yang terkena musibah,” jelas Gus Muhdlor.

Masih kata putra pengasuh Pesantren Progresif Bumi Shalawat KH. Agoes Ali Masyhuri itu, Pemkab Sidoarjo telah memberikan perhatian lebih di wilayah Sidoarjo barat. Setelah selesai pembangunan RSUD Sidoarjo Barat kemudian disusul dengan pembangunan Pos Damkar. Perhatian tersebut sangat beralasan pasalnya Sidoarjo barat termasuk wilayah industri dan juga kawasan padat penduduk.

“Pembangunan ini tidak berhenti di Krian saja, nantinya pembangunan Pos Damkar juga akan dilakukan dibeberapa wilayah lain seperti Wonoayu, Tulangan, Taman dan juga Sukodono, yang saat ini sudah menemukan lokasi yang tepat sebagai tempat dibangunnya Pos Damkar,” papar Gus Muhdlor. [isa/but]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar