Politik Pemerintahan

Terkendala Cuaca Buruk, Pelantikan PPS Masalembu Dilakukan di Pulau

Sumenep (beritajatim.com) – Pelantikan anggota panitia pemungutan suara (PPS) pemilihan bupati/ wakil bupati di wilayah Kepulauan Masalembu, Kabupaten Sumenep terpaksa dilakukan di wilayah setempat karena terkendala cuaca buruk.

“Pelantikan PPS hasil rekruetmen beberapa waktu lalu tidak bisa dilakukan di kantor KPU, karena terkendala jarak, waktu, dan transportasi. Akhirnya pelantikan kami serahkan ke PPK. Dan itu diijinkan oleh aturan,” kara Komisioner KPU Sumenep, Divisi Partisipasi Masyarakat, Rafiqi Tanzil, Selasa (16/06/2020).

Ia menjelaskan, ada 12 anggota PPS dari 4 desa yang dilantik yakni Desa Sukajeruk, Masalima, Masakambing dan Desa Karamian. “Pelantikan PPS itu sebenarnya akan dilakukan akhir Maret lalu. Tetapi dari Desa Masakambing dan Karamian tidak bisa merapat karena cuaca buruk,” terang Rafiqi.

Kecamatan Masalembu merupakan salah satu kecamatan kepulauan di Kabupaten Sumenep. Dalam kondisi cuaca normal, untuk sampai ke Kecamatan Masalembu, diperlukan waktu 16 jam perjalanan laut dari Pelabuhan Kalianget. Sedangkan untuk ke Pulau Karamian, masih menempuh perjalanan laut 5 jam lagi dari pusat Kecamatan Masalembu, dengan menggunakan perahu kecil.

“Anggota badan ad hoc harus segera dilantik karena mereka sudah harus bekerja sesuai tahapan yang ada di PKPU RI No. 5 tahun 2020 tentang Perubahan ketiga atas PKPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020. Tahapan sudah dimulai sejak 15 Juni 2020,” ujarnya. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar