Politik Pemerintahan

Terima Rekom Pemungutan Suara Ulang, KPU Kabupaten Mojokerto Rapat dengan KPU Provinsi Jatim

Mojokerto (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto membenarkan pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mojokerto merekomendasi ada satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Mojokerto untuk dilakuakn Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Rekomendasi Bawaslu Kabupaten Mojokerto tersebut yakni untuk TPS 1 di Desa Awang-awang, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Ini lantaran ada dua pemilih luar Kota diterima Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) tanpa membawa formulir A5.

“Iya ada 1 TPS di Desa Awang-awang, Mojosari. Kita Terima rekomnya semalam karena ada pemilih luar Mojokerto diterima oleh KPPS tanpa membawa form A-5. Rekom kita Terima dari Panwascam di PPK Mojokerto,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Ayuhannafiq, Sabtu (20/4/2019).

Masih kata Yuhan, dari kajian sudah jelas jika di TPS 1 Desa Awang-awang harus dilakukan PSU dan PSU hanya dilakukan di satu kotak yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP). Saat ini, pihaknya masih melakukan rapat di KPU Provinsi Jawa Timur.

“Ini masih rapat di KPU Provinsi seluruh kab/kota yang ada PSU di wilayahnya karena semua logistik PSU itu ada di provinsi jadi tentu harus minta kesana. Untuk jadwal PSU, belum diputuskan karena rapat baru dimulai,” katanya.

Namun, tegas Yuhan, jadwal PSU sudah jelas yakni selambatnya 10 hari setelah proses pemungutan suara digelar. Sementara terkait kabar adanya 15 surat suara di TPS 01, Desa Terusan, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto yang tercoblos, pihaknya belum menerima rekomendasi.

“Tidak ada (rekomendasi, red). Ya hanya satu TPS di TPS 1 Desa Awang-awang, Kecamatan Mojosari itu saja rekomnya (PSU, red),” jelasnya.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar