Politik Pemerintahan

Terima Rekom PDIP, Calon Diminta Segera Bergerak

Surabaya (beritajatim.com) – DPP PDI Perjuangan menyerahkan 75 rekomendasi tahap III Pilkada secara virtual yang dilakukan Ketua Umum Megawati Soekarno Putri. Puan Maharani sebagai Ketua DPP PDIP membacakan nama-nama calon yang mendapatkan rekom. Dari 75 rekom, ada lima rekom untuk Pilkada Jatim.

Wakabid Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jatim, Deni Wicaksono kepada beritajatim.com mengatakan, ada lima rekomendasi untuk pilkada di Jatim. Mana saja?

Rekomendasi diserahkan untuk pasangan Setiajit-Armaya Mangkunegara (Tuban), Fandi Achmad Yani-Aminatun Habibah (Gresik), Ipuk Fiestiandani-Sugirah (Banyuwangi), Kartika Hidayati-Sa’im (Lamongan) dan Sugiri Sancoko-Lisdyarita (Ponorogo).

Puan Maharani dalam pengarahannya mengatakan, agar para calon yang mendapatkan rekom segera bergerak turun di bawah.

PDI Perjuangan sesuai tradisi organisasi yang bersifat sistemik di dalam memersiapkan pemimpin kembali akan mengumumkan paslon Gelombang III pada Pilkada Serentak tahun 2020. Pengumuman akan dilakukan melalui telekonferensi pada Selasa, 11 Agustus 2020.

“Momentum Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-75 dijadikan spirit untuk menggelorakan semangat patriotisme, nasionalisme-kebangsaan bagi Indonesia yang berbangsa satu, bertanah air satu, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia,” kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Minggu (9/8/2020).

Karena itulah, lanjut Hasto, jumlah paslon yang diumumkan pun mengambil angka simbolik 75, setelah pengumuman sebelumnya mengambil angka simbolik 45.

Dengan diberikannya lim rekomendasi pada hari ini untuk Pilkada di Jatim, total PDIP sudah memberikan 14 rekomendasi dari 19 daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak di Jawa Timur pada Desember 2020.

Sembilan daerah yang telah mendapatkan rekomendasi sebelumnya adalah: Kabupaten Ngawi untuk Ony Anwar-Dwi Rianto Jatmiko, Kabupaten Malang untuk Sanusi-Didik Gatot Subroto dan Sumenep untuk Achmad Fauzi-Dewi Khalifah.

Kemudian, Hanindhito Pramono-Dewi Maria Ulfa (Kabupaten Kediri), Rijanto-Marhaenis (Kabupaten Blitar), Santoso-Tjutjuk Sunaryo (Kota Blitar), Pungkasiadi-Titik Masudah (Kabupaten Mojokerto), M Nur Arifin-Syah Natanegara (Kabupaten Trenggalek) dan Raharto Teno- M Hasjim Ashari (Kota Pasuruan).

Lima rekomendasi yang belum diserahkan PDIP adalah Surabaya, Jember, Situbondo, Sidoarjo dan Pacitan. Diperkirakan akan diserahkan pada 19 Agustus 2020. [tok/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar