Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Terima Bantuan Permodalan, Rino: ‘Terima kasih Dinkop-UMTK Kota Kediri’

Kediri (beritajatim.com) – Tanggal 8 Oktober 2021 seakan menjadi hari keberuntungan pria satu ini. Bagaimana tidak, pada tanggal tersebut, permohonan bantuan permodalan sebesar 7 juta rupiah untuk usaha fotografinya telah disetujui oleh Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

Ia adalah Mayrino Candra, pria asal kelurahan Ngronggo, Kota Kediri. Berawal dari informasi yang ia dapatkan dari grup whatsapp karang taruna hingga mebawanya ke akun instagram Dinas Koperasi dan UMTK, ia mencoba peruntungan mengajukan bantuan permodalan wirausaha tahun 2021. Beruntung, dari 210 pendaftar, ia menjadi satu-satunya peserta yang lolos.

“Awalnya dapat informasi dari grup karang taruna kelurahan, kemudian memastikan kebenaran berita tersebut melalui sejumlah sumber, hingga membawa saya ke akun instagram resmi Dinkop-UMTK Kota Kediri,” terangnya, Sabtu, (16/10/2021).

Saat dikonfirmasi mengenai proses pendaftaran, ia mengatakan bahwa sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. “Proses pendaftaran sangat mudah, setelah saya lengkapi persyaratan-persyaratan penunjang, saya segera mendaftar melalui Dinkop-UMTK Kota Kediri,” ungkapnya.

Sementara itu, ia mengatakan motivasinya mengajukan bantuan permodalan wirausaha tersebut. Menurutnya hal tersebut sangat bermanfaat untuk menunjang usahanya.

“Untuk upgrade dan perawatan peralatan ‘tempur’ supaya dapat memberikan hasil yang bagus sehingga konsumen juga terpuaskan,” terang pria yang juga seorang guru ini.

Sebagai informasi, pria yang akrab disapa Rinocacing ini mulai menekuni usahanya di bidang fotografi dan videografi ini sejak tahun 2015. “Mulai menekuni tahun 2015, hingga pada tahun 2017 memutuskan untuk mendirikan vendor dengan nama gangsar lancar,” terang Rino.

Lebih lanjut, dengan mottonya ‘Beda beda pandumaning dumadi’ ia berharap kedepan melalui usaha yang dirintisnya ini, dapat membawa berkah juga bagi orang lain. “Target kedepan saya mau membuka lebih banyak lapangan pekerjaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Bambang Priambodo, Kepala Dinkop-UMTK Kota Kediri mengatakan bahwa bantuan permodalan wirausaha ini merupakan program dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. “Ini merupakan program dari Kementrian bagi pelaku wirausaha di Indonesia untuk mendukung perkembangan dari usaha mereka,” terangnya, Sabtu, (16/10/2021).

Ia mengatakan bahwa Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri memfasilitasi para wirausahawan Kota Kediri tersebut untuk mendaftar program bantuan wirausaha. “Kami hanya membantu pendaftarannya saja, sedangkan keputusan siapa yang lolos dan tidak, bergantung pada hasil evaluasi dan observasi pusat terhadap setiap wirausahawan,” imbuhnya.

“Meski yang lolos cuma satu orang, kami tetap merasa bersyukur karena memang persaingan yang cukup ketat dan kualifikasi-kualifikasi yang harus terpenuhi,” tandasnya.

Bambang berharap, hal ini dapat memotivasi para wirausahawan-wirausahawan yang lain untuk terus dapat mengembangkan dan tekun dalam merintis usahanya. “Bagi yang belum lolos jangan bersedih, semoga bisa lolos nanti melalui tahap-tahap berikutnya,” pungkas Bambang. [nm/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar